Cara Membedakan Anis Merah Jantan dan Betina Paling Jitu 99%

Cara membedakan anis merah jantan dan betina pada dasarnya tidak sulit dan cenderung lebih mudah. Meskipun mudah, tetap saja kita butuh ketelitian dan juga kejelian dalam menganalisa ciri-cirinya. Khususnya ciri fisik yang nampak pada burung anis merah yang kita miliki.

Bagi yang belum tahu burung anis merah, burung Anis Merah dikenal dengan beberapa nama lain, antara lain Punglor merah, Anis Bata, atau Punglor Cacing. Burung yang memiliki nama ilmiah Zoothera citrina ini sangat populer di kalangan para kicau mania. Ketenarannya ini disebabkan karena suara kicauannya yang merdu, lantang, serta variatif.

Anis Merah memiliki gaya khas yang sering disebut dengan istilah teler. Gaya teler ini merupakan perilaku menggeleng-gelengkan kepala pada Anis Merah disertai dengan gerakan tubuh yang melemas bagaikan orang mabuk. Anis Merah yang memiliki kemampuan kicau maksimal adalah Anis Merah jantan.

Untuk itu, jika kamu berniat untuk memiliki Anis Merah untuk diikutkan dalam lomba kicau, sebaiknya kamu paham betul cara membedakan Anis Merah jantan dan betina. Supaya nantinya kamu tidak salah saat membelinya.

Cara Membedakan Anis Merah Jantan dan Betina 99% Akurat

Pada dasarnya semua anis merah mempunyai ciri khas fisik yang jelas terlihat. Nah dari ciri fisik inilah kita akan dengan mudah mengetahui perbedaan antara anis merah jantan dan betina. Apa saja ciri-ciri tersebut? Kurang lebih seperti ini perbedaan ciri-cirinya:

Ciri-Ciri Anis Merah Jantan

  • Memiliki bulu berwarna hitam yang lebih mengkilap dan pekat di seluruh tubuhnya.
  • Memiliki warna merah yang tampak lebih terang di tubuhnya.
  • Memiliki supit urang (pubis) yang runcing dan rapat saat diraba.
  • Memiliki paruh yang ukurannya lebih tebal. Disamping itu, paruh juga terlihat lancip jika diamati dari atas.
  • Memiliki lubang hidung yang lebar dan panjang.
  • Letak mata berada hampir sejajar dengan letak paruh.
  • Memiliki leher yang cenderung lebih panjang jika dibandingkan Anis Merah betina.
  • Memiliki jari kaki yang panjang.
  • Kepala pada Anis Merah jantan berbentuk lonjong.
  • Anis Merah jantan memiliki sayap yang tampak mengepit rapat.
  • Jika Anis Merah jantan bertemu dengan Anis Merah lain, ia akan berkicau sambil mengangkat kepala ke atas.
  • Memiliki ukuran tubuh yang cenderung panjang dan ramping.

Ciri-Ciri Anis Merah Betina

  • Memiliki bulu berwarna hitam yang cenderung tampak lebih kusam di seluruh tubuhnya.
  • Bulu berwarna merah pada Anis Merah betina tampak lebih kusam dibandingkan bulu merah pada Anis Merah jantan.
  • Memilki supit urang yang cenderung lebih pendek dengan jarak yang cukup renggang antara kedua sisinya.
  • Memiliki paruh yang bentuknya cenderung lebih tipis dibanding Anis Merah jantan.
  • Memiliki lubang hidung dengan ukuran lebih kecil.
  • Letak mata pada Anis Merah betina tidak sejajar dengang letak paruhnya.
  • Memiliki leher yang lebih pendek dibanding Anis Merah jantan.
  • Jari kaki pada Anis Merah betina terlihat cenderung lebih pendek.
  • Memiliki kepala berbentuk bulat.
  • Sayap pada Anis Merah betina tampak sedikit kusam dan disertai corak berwarna kuning.
  • Jika Anis Merah betina bertemu dengan Anis Merah lain, ia akan menggetar-getarkan sayapnya dan mengeluarkan suara yang pelan atau biasa disebut dengan istilah ngeriwik yang terdengar mirip seperti suara siulan.
  • Sayap terlihat agak renggang saat dikepitkan.
  • Memiliki bentuk tubuh yang relatif lebih pendek dan berbentuk bulat.

Nah, dengan memperhatikan ciri-ciri di atas, kamu akan dengan mudah membedakan antara anis merah jantan dan betina. Namun yang wajib kamu ingat adalah ciri diatas hanya bisa kamu temukan pada burung anis merah yang sudah dewasa. Jadi cara membedakan anis merah jantan dan betina dengan ciri di atas tidak bisa dipakai untuk membedakan jenis kelamin anis merah anakan / trotol.

Jika kamu berniat ingin membeli burung bakalan berupa trotolan atau anakan burung anis merah, maka kamu perlu tahu perbedaan ciri jantan dan betina pada anakan atau trotolan anis merah. Sebab hanya dengan memperhatian ciri-ciri inilah kamu akan mampu memilah-milah antara anakan burung anis merah jantan dan betina.

Berikut ini adalah beberapa ciri yang bisa kamu jadikan acuan sebagai salah satu cara mengetahui perbedaan anis merah jantan dan betina yang masih anakan atau trotolan. Pastikan kamu mengingatnya dengan baik dan mengamatinya dengan jeli saat mengecek burung anis merahnya.

Ciri-Ciri Perbedaan Anis Merah Jantan dan Betina Saat Masih Trotol atau Anakan

  • Jika anakan Anis Merah memiliki sayap dengan bulu yang berwarna hitam pekat dan mengkilap dan tidak terdapat warna kuning, maka anakan tersebut berjenis kelamin jantan.
  • Jika anakan Anis mMerah memiiki sayap dengan bulu berwarna hitam yang tampak kusam serta terdapat bintik-bintik kuning, maka anakan tersebut berjenis kelamin betina.

Cara membedakan jantan dan betina burung anis merah jantan dan betina di atas cukup mudah bukan? Secara sekilas saja mungkin sudah bisa terlihat dengan jelas perbedaannya. Meski begitu, tidak menutup kemungkinan jika suatu waktu kamu butuh lebih teliti dalam memilah-milah burung anis merah yang ingin kamu beli.

Bukannya apa-apa, kita mau beli burung kan bukan hanya soal jenis kelaminnya saja tetapi juga kondisi fisik atau speknya. Jadi tidak boleh sembarangan dalam membeli. Apalagi bila nantinya akan dikhususkan untuk kompetisi, baik kompetisi secara fisik atau keindahan maupun kompetisi suara atau kicauan.

Jadi kalau kamu sedang berencana membeli burung anis merah, khususnya anis merah jantan untuk dilombakan, kamu wajib fokus pada beberapa hal dibawah ini. Sebab dengan mengacu pada tips dan cara memilih burung anis merah di bawah, kamu akan mendapatkan anis merah yang berkualitas. Berikut adalah tips dan cara yang bisa kamu pakai saat membeli burung anis merah.

Tips dan Cara Memilih Burung Anis Merah yang Bagus dan Berkualitas

Tips untuk memilih anis merah yang bagus dan berkualitas untuk jagoan lomba adalah, pertama tentukan bahwa anis merah yang kamu pilih haruslah berjenis kelamin jantan. Seperti yang sudah dibahas di atas, kamu sudah mengetahui ciri serta cara membedakan Anis Merah jantan dan betina.

Nah, selanjutnya kamu wajib menerapkan tips lanjutan ini untuk memilih Anis Merah yang bagus dan berkualitas. Jika ingin mendapatkan burung anis merah yang berkualitas dan bagus, kamu harus memperhatikan beberapa spek atau ciri fisik khusus di bawah ini.

  • Bentuk paruh, usahakan untuk memilih Anis Merah yang memiliki bentuk paruh berpangkal lebar, tebal, serta besar dan juga panjang. Selain itu, pilih Anis Merah dengan paruh yang lurus di bagian bawahnya, jangan memilih paruh yang bengkok. Pilihlah Anis Merah yang lubang hidungnya sedekat mungkin dengan posisi mata.
  • Postur badan, usahakan untuk memilih Anis Merah yang memiliki postur tubuh sedang dan leher yang panjang. Selain itu, bentuk badan, ekor, serta kaki harus proporsional.
  • Sayap dan kaki, sebaiknya pilihlah Anis Merah yang memiliki sayap mengepit rapat dan juga kaki yang mampu mencengkeram dengan kuat. Kedua hal tersebut adalah pertkamu bahwa Anis Merah dalam kondisi sehat. Jangan terkecoh dengan warna kaki. Warna kaki pada Anis Merah tidak berpengaruh pada mental burung tersebut.
  • Mental tangguh, selanjutnya pilihlah Anis Merah yang bermental tangguh dan kuat. Ciri-cirinya adalah gerakan yang lincah serta nafsu makan yang besar.
  • Posisi kepala, pilihlah Anis Merah yang mendongakkan kepalanya 45 derajat saat posisi berdiri. Anis Merah yang demikian diyakini mampu menunjukkan kemampuan teler dan ngerol saat memasuki usia 7 bulan.

Bagaimana, apakah setelah kamu mengetahui cara membedakan anis merah jantan dan betina di atas, kamu sudah jadi lebih paham mengenai burung anis merah? Jika masih ragu atau belum berani membeli burung anis merah sendiri, sebaiknya kamu mengajak teman atau orang yang menurutmu sudah jauh lebih paham.

Tetapi jangan lupa untuk terus berlatih menganalisa perbedaan burung anis jantan dan betina. Sebab tidak selamanya kamu bisa bergantung pada bantuan dari orang lain. Kamu harus mulai membiasakan diri melakukannya sendiri. Jangan khawatir, seiring dengan jam terbang dan pengalamanmu dalam hobi kicau ini, kamu akan mampu menganalisa perbedaan jantan dan betina pada anis merah.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *