Cara Membedakan Jalak Suren Jantan dan Betina [99% Akurat + Paten]

Nama Jalak Suren pastinya sudah tak asing lagi di telinga para kicau mania nusantara. Nama jalak suren makin hari makin popular. Terbukti dari terus meningkatnya jumlah permintaan terhadap burung satu ini. Burung yang masih termasuk keluarga Sturnidae ini lambat laun mulai menjadi primadona kicau mania.

Seiring dengan itu, kontes gantangan untuk Jalan Suren juga semakin ramai diadakan di berbagai daerah di seluruh Indonesia. Kepopuleran Jalak Suren memang sudah diprediksi sejak jauh-jauh hari. Alasannya cukup sederhana, yakni kualitas gacorannya yang tak perlu diragukan lagi. Bahkan jika dinilai dari gacorannya, jalak suren termasuk yang nyaring dan indah.

Selain itu, Jalak Suren juga dikenal memiliki kemampuan menirukan gacoran burung lain. Bahkan, ia juga mampu menirukan suara manusia, seperti halnya burung beo. Tidak hanya itu saja, Jalak Suren juga berperan penting dalam pertanian. Mereka sering kali membantu petani dengan cara memangsa hama yang mengganggu tanaman saat memasuki musim panen.

Nah, bicara soal Jalak Suren, rasanya kicau mania harus tahu betul cara membedakan Jalak Suren jantan dan betina. Entah tujuannya untuk ternak atau untuk jagoan kontes, kamu wajib tahu soal jenis kelamin Jalak Suren secara mendalam. Supaya nantinya kamu bisa membedakan Jalak Suren jantan dan betina secara akurat dan paten.

Sebenarnya tidak sulit untuk membedakan jalak suren jantan dengan betina. Namun bagi yang masih pemula tentu saja ada kendala. Buat kamu yang masih mengalami kesulitan untuk mencari perbedaan jalak suren jantan dan betina, maka sebaiknya kamu perhatikan pembahasan di bawah ini.

Cara Membedakan Jalak Suren Jantan dan Betina

Dalam hal mengeluarkan gacoran, Jalak Suren jantan dikenal lebih piawai daripada Jalak Suren betina. Oleh karena itu, jika kamu tertarik untuk membeli Jalak Suren, ada baiknya kamu mampu menentukan jenis kelamin jalak Suren dan cara membedakan Jalak Suren jantan dan betina. Berikut ini adalah ciri-ciri Jalak Suren jantan dan betina.

Nah, dengan mengetahui perbedaan ciri tersebut kita bisa dengan mudah membedakan antara jantan dan betina. Tidak perlu repot-repot lagi minta bantuan teman kalau ingin mencari jalak suren. Bahkan kita juga bisa terhindar dari ulah penjual nakal jika kita sendiri sudah bisa membedakan jalak suren jantan dan betina.

Ciri-Ciri Jalak Suren Jantan

Jalak suren jantan umumnya banyak dicari oleh kicau mania. Kebanyakan untuk dikonteskan atau dilombakan. Entah itu lomba kecantikan atau kicauan. Pastikan kamu membeli pejantan yang benar. Jangan sampai tertipu apa lagi membayar mahal tetapi tidak sesuai. Supaya hal itu tidak terjadi, sebaiknya kamu perhatikan ciri-ciri Jalak Suren jantan di bawah ini.

  1. Burung Jalak Suren jantan memiliki bentuk tubuh yang panjang dan terlihat lonjong.
  2. Dilihat dari postur tubuhnya, Jalak Suren jantan memiliki ukuran tubuh yang lebih besar dibanding Jalak Suren betina.
  3. Jalak Suren jantan memiliki bentuk paruh yang panjang dan kokoh.
  4. Jalak Suren jantan memiliki kepala dengan ukuran yang cenderung besar dan tampak bulat.
  5. Jalak Suren jantan memiliki warna yang cerah dan jelas di bagian kulit atas mata.
  6. Jalak Suren jantan memiliki warna hitam yang tampak mengkilap pada bulu di bagian kepala, dada, dan juga punggung.
  7. Jalak Suren jantan memiliki ekor yang cenderung panjang dengan bulu-bulu yang menyatu.
  8. Ia juga memiliki bulu putih di bawah tubuh yang terlihat putih bersih.
  9. Jalak Suren jantan memiliki jambul kepala yang panjang dan juga melebar saat mengembang.
  10. Jalak Suren jantan memiliki bentuk kaki yang relatif lebih panjang dan kokoh.
  11. Memiliki suara gacoran yang lantang dan bervariasi.

Ingat-ingat ciri-ciri di atas, kalau perlu catat. Coba kamu praktekkan cara di atas dan tanyakan pada temanmu yang ahli. Pasti rata-rata mereka juga memakai cara ini. Ya memang cara di atas sebenarnya sudah digunakan secara luas oleh kicau mania di nusantara. Mulai dari kicau mania pemula sampai yang sudah senior sekali pun.

Setelah mengetahui ciri dari Jalak Suren Jantan, sekarang kamu harus tahu ciri Jalak Suren betina. Secara simpel atau mudahnya, ciri Jalak Suren betina adalah kebalikan dari ciri Jalak Suren jantan. Ya kurang lebih seperti itulah. Namun supaya kamu tahu lebih dalam, ada baiknya kamu baca poin-poin di bawah ini.

Ciri-Ciri Jalak Suren Betina

Jalak suren betina umumnya banyak dicari sebagai bakal indukan untuk ternak Jalak Suren. Tentu saja kalau ingin ternaknya sukses, maka wajib membeli betina dengan jantan. Jangan sampai membeli jantan dan jantan. Ya jelas sudah pasti akan gagal.

Jadi pastikan kamu membeli betina yang benar. Caranya ya dengan memperhatikan ciri-ciri betina dengan teliti. Kamu bisa memperhatikan ciri-ciri Jalak Suren betina yang pasti akurat seperti di bawah ini.

  1. Jalak Suren betina memiliki bentuk kepala yang terlihat cenderung ramping.
  2. Ukuran tubuh pada Jalak Suren betina relatif lebih kecil dibanding ukuran Jalak Suren jantan.
  3. Jalak Suren betina memiliki paruh yang berukuran lebih pendek.
  4. Jalak Suren betina memiliki warna hitam dan putih yang tampak kusam pada tubuhnya.
  5. Bulu putih pada bagian bawah terlihat cenderung kusam.
  6. Jalak Suren betina memiliki bentuk jari kaki yang pendek.
  7. Jalak Suren betina memiliki warna yang tampak pucat dan memudar pada kulit bagian atas tubuhnya.
  8. Ekor pada Jalak Suren betina terlihat berukuran pendek dan halus.
  9. Jalak Suren betina memiliki jambul kepala yang pendek dan tidak melebar saat mengembang.
  10. Memiliki suara kicaua yang bernada tinggi dengan banyak tembakan yang melengking.

Setelah kamu mengetahui cara membedakan Jalak Suren jantan dan betina, kini kamu sudah lebih siap jika akan memulai ternak atau mencari pejantan untuk kontes Jalak Suren.

Namun perlu diingat, kamu harus senantiasa mengasah jam terbangmu dalam mengenali jalak suren jantan dan betina. Supaya kemampuan membedakan jalak suren jantan dan betina yang kamu miliki meningkat. Jadi sekilas saja kamu sudah tahu apa jenis kelamin jalak suren tersebut.

Harapannya setelah kamu mempunyai kemampuan itu, kamu bisa mengembangkannya menjadi bisanis. Entah itu bisnis ternak Jalak suren atau bisnis jual pejantan saja. Bukannya tanpa sebab, mengingat permintaan Jalak Suren yang kian meningkat tentunya dapat dijadikan sebagai lahan bisnis yang menjanjikan.

Lumayanlah untuk menambah pemasukan dari hobi. Kata orang, kerja yang enak itu hobi yang menghasilkan.

Nah, kalau kamu juga bisa membaca mengenai tips lengkap ternak Jalak Suren. Simpel, tidak ribet, gampang diikuti bahkan oleh pemula. Tinggal baca dan praktekkan langkah demi langkahnya. Jangan takut gagal, kalau telaten maka kamu akan sukses.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *