Cara Membedakan Pleci Jantan dan Betina dengan 10 Ciri Akurat

Cara membedakan Pleci jantan dan betina sangat penting diketahui oleh kicau mania penghobi pleci. Baik untuk tujuan ternak maupun untuk diikutkan dalam perlombaan adu kicau. Sehingga nantinya proses ternakan bisa sukses dan pleci yang diikutkan untuk kontes menjadi jawara.

Burung Zosterops atau yang lebih dikenal dengan nama Pleci merupakan salah satu burung kicau yang pamornya memang sedang naik daun. Burung yang kicauannya merdu ini sekarang tengah digemari oleh banyak kicau mania di seluruh penjuru negeri. Para peminat Pleci (atau yang biasa disebut Pleman) biasanya memelihara Pleci untuk dua tujuan.

Pertama untuk tujuan dilombakan, dan kedua adalah untuk diternak. Motifnya beragam, tetapi umumnya karena kicauannya yang merdu. Namun jangan salah sangka, sebenarnya tak hanya kicauannya yang merdu. Tapi harganya yang tergolong bersahabat juga semakin menambah minat untuk memiliki Pleci di rumah.

Nah bagi kamu yang punya rencana untuk ternak pleci di rumah, maka kamu wajib tahu cara membedakan pleci jantan dan betina. Supaya ternakanmu sukses dan bisa jadi ladang penghasilan sampingan kedepannya. Langsung saja kita bahas bagaimana cara membedakan pleci jantan dan betina secara akurat.

Cara Membedakan Pleci Jantan dan Betina Super Akurat

Sebelum masuk ke cara-caranya, ada satu hal yang perlu kicau mania tahu. Pleci sendiri termasuk burung yang mudah dibedakan jenis kelaminnya. Secara umum, sebagai kicau mania kita bisa melihatnya dalam dua perbedaan berdasarkan cirinya. Pertama dari ciri fisiknya, dan kedua berdasarkan tingkah laku si Pleci. Nah, supaya lebih jelas, ada baiknya kita bahas satu per satu.

Cara Membedakan Pleci Jantan dan Betina Berdasarkan Ciri Fisik

Salah satu cara untuk membedakan Pleci jantan dan betina adalah dengan memperhatikan fisiknya. Terdapat beberapa perbedaan pada fisik jantan dan fisik betina pada Pleci.

1. Bentuk Ekor Pleci

  • Burung Pleci jantan biasanya memiliki ekor yang ukurannya cenderung lebih panjang dibandingkan ekor pada Pleci betina. Selain itu, ekor pada Pleci jantan memiliki ujung yang runcing yang terlihat seperti huruf ā€œVā€.
  • Pleci betina memiliki ekor yang pendek dibandinkan yang jantan. Panjang pendeknya akan sangat terlihat ketika keduanya saling berdampingan. Sedangkan bentuk ekor pada Pleci betina ujungnya rata.

2. Bentuk Kepala dan Tekstur Paruh Pleci

  • Pleci jantan ada umumnya memiliki bentuk kepala yang cenderung agak besar dan bulat dibandingkan si betina. Sedangkan jika kita lihat bagian paruhnya terlihat kasar.
  • Sementara itu, untuk ciri dari Pleci betina bentuk kepalanya terlihat lebih kecil dan terkesan ramping. Sedangkan ada bagian paruhnya terlihat mulus dan tidak kasar.

3. Bentuk Mata Pleci

  • Burung Pleci terkadang disebut dengan burung kacamata. Hal ini dikarenakan terdapat klep atau lingkaran di sekitar matanya.
  • Pleci jantan biasanya memiliki klep atau pola lingkaran mata yang tebal dan terputus-putus.
  • Sementara itu, si Pleci betina memiliki klep atau pola lingkaran mata dengan pola yang tebal namun tidak terputus-putus.

4. Bentuk Paruh Pleci

  • Bentuk paruh pada Pleci jantan mempunya kecenderungan bentuk yang agak pendek. Selain itu jika diperhatikan dengan seksama, paruh Pleci jantan terkesan lebih tebal.
  • Sedangkan untuk bentuk paruh pada Pleci betina terlihat agak memanjang. Bentuknya juga tidak terlihat tebal bila dibandingkan dengan si jantan.

5. Postur Tubuh Pleci

  • Pleci jantan umumnya memiliki postur tubuh yang berukuran lebih panjang. Ukuran tubuhnya juga terlihat lebih padat dan cenderung lebih kecil.
  • Sedangkan untuk postur tubuh pada Pleci betina cenderung agak bulat atau terkesan besar dan berisi. Secara postur Pleci betina terlihat lebih pendek dibanding Pleci jantan.

6. Warna Bulu Pleci

  • Pleci jantan sendiri memiliki penampakan warna bulu yang terlihat lebih mencolok. Jika lebih jauh kita perhatikan lagi, warna bulunya juga terlihat lebih cerah dan menawan.
  • Sedangkan untuk Pleci betina memiliki warna bulu yang terlihat seperti kusam. Sehingga warna bulunya terkesan tidak terlihat menawan dan kurang mencolok.

7. Dubur atau Pen si Pleci

  • Pleci jantan umumnya memiliki bentuk dubur yang memanjang. Selain itu, juga terdapat banyak bulu di sekitar dubur Pleci jantan.
  • Sementara itu, Pleci betina memiliki dubur atau pen yang bentuknya cenderung kecil. Bila diperhatikan dengan seksama, di sekitar dubur atau pen Pleci betinanya hanya terdapat sedikit bulu.

Cara Membedakan Pleci Jantan dan Betina Dilihat dari Tingkah Laku

Setelah mengetahui ciri fisiknya, kita bisa mengetahui cara membedakan Pleci jantan dan betina dengan memperhatikan kecenderungan tingkah laku si Pleci. Secara umum terdapat beberapa perbedaan pada tingkah laku antara Pleci jantan dan juga Pleci betina.

1. Suara Kicauan Pleci

  • Pleci jantan biasanya memiliki suara yang terdengar lebih nyaring dan mengkristal jika dibandingkan Pleci betina.
  • Sedangkan untuk Pleci betina biasanya terdengar lebih lirih dan tidak terlalu jernih.
  • Akan tetapi perlu diingat, untuk membedakan suara Pleci jantan dan Pleci betina dibutuhkan ketelitian dan kejelian yang ekstra.
  • Semakin kita terbiasa dan berpengalaman dalam merawat Pleci, kita akan dapat membedakan suara keduanya dengan lebih mudah.
  • Bagi kicau mania yang masih pemula, disarankan untuk meminta bantuan yang sudah senior. Tentu saja sambil diasah kemampuan mendengarnya, supaya kedepannya lebih tahu mana Pleci yang jantan dan betina.

2. Gerakan Pleci

  • Pleci jantan biasanya akan terlihat memiliki pergerakan yang lebih lincah dan terlihat cukup agresif.
  • Selain itu Pleci jantan umumnya juga suka bertarung dengan sesama Pleci apabila diletakkan dalam satu kandang umbaran atau ombyokan.
  • Sedangkan untuk Pleci betina biasanya cenderung lebih pendiam. Pergerakannya juga kalem dan tidak seagresif si Pleci jantannya.
  • Apabila pleci betina ditaruh di kandang umbaran atau ombyokan dengan pleci lainnya tidak ada tanda-tanda bertarung atau beradu.

3. Semprotan Air

  • Pleci jantan dan Pleci betina juga dapat dibedakan dengan suatu perlakuan khusus. Caranya dengan menyemprotkan air ke kepala Pleci saat masih di kandang ombyokan.
  • Apabila Pleci yang disemprot air memperlihatkan jambulnya serta pupil matanya mengecil, maka itu adalah ciri-ciri dari Pleci jantan.
  • Sedangkan untuk Pleci betina ketika disemprotkan air ke arahnya tidak menunjukkan tanda-tanda seperti itu.

Nah, itu dia tips yang bisa kita pakai sebagai dasar menentukan jenis kelamin Pleci kesayangan kita. Perlu diperhatikan, saat menerapkan tips di atas perlu kejelian, ketelitian, dan juga perhatian khusus. Supaya hasil pengamatannya nanti bisa maksimal dan sesuai harapan.

Jadi dengan memperhatikan ciri fisik dan perilaku Pleci di atas, kita akan dapat membedakan Pleci jantan dan betina dengan mudah dan tentunya secara akurat. Harapannya setelah tahu mana Pleci jantan dan mana betina, akan menjadi modal awal kita sebelum memulai beternak Pleci sendiri.

Selamat mencoba beberapa tips cara membedakan Pleci jantan dan betina di atas. Semoga bisa lekas dipraktekkan di rumah dan memulai beternak Pleci. Jika masih bingung dan ada yang mengganjal, silakan didiskusikan di sini atau meminta bantuan yang lebih senior.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *