Cara Mengatasi Kacer Mbagong yang Terbukti Jitu dan Efektif

Cara Mengatasi Kacer Mbagong – Ada bermacam-macam jenis burung hias yang saat ini digemari para maniak burung. Salah satu diantaranya adalah burung bernama latin Copsychus saularis atau yang lebih dikenal dengan nama burung Kacer. Burung Kacer dikenal sebagai jenis burung yang memiliki suara merdu, lantang dan juga bervariasi. Selain dari suaranya, jenis burung petarung ini juga memiliki gaya bertarung yang khas, yaitu gaya ngobra.

Meski begitu, burung yang memiliki tubuh gempal ini juga memiliki gaya lain yang justru cenderung tidak bagus. Kacer terkadang bertingkah laku mbagong sehingga seringkali disebut Kacer mbagong. Oleh karenanya, bagi kamu yang memiliki burung ini harus merawat dengan baik agar Kacer milikmu tidak mbagong.

Bagaimana caranya? Berikut kami share informasi mengenai cara tersebut selengkapnya.

Cara Mengatasi Kacer Mbagong yang Benar, Terbukti Jitu dan Juga Sangat Efektif

Mungkin banyak diantara pemula dihobi kacer masih belum begitu familiar dengan stilah “mbagong”. Jadi sebelum masuk ke masalah inti dan pokok pembicaraan, kita perlu tahu lebih dulu apa itu mbagong.

Barangkali ditempat lain beda penyebutannya. Namun secara umum ciri-ciri mbagong adalah sama. Jadi kalau ciri-cirinya sama seperti disebutkan dibawah ini, maka kacer yang kamu miliki sedang mengalami mbagong. Maka harus cepat-cepat diatasi supaya tidak mbagong lagi.

Apa Itu Mbagong?

Sebelum membahas lebih jauh, ada baiknya untuk mengetahui lebih lanjut mengenai istilah mbagong ini. Mbagong adalah perilaku tidak biasa pada Kacer yang menyebabkan tidak enak dipandang.

Perilaku tersebut diantaranya mengembangkan bulu seperi balon, mendongakkan kepala seperti kuda laut, menekukkan ekor ke bawah, dan mengeluarkan suara-suara yang tidak enak didengar. Sehingga variasi kicauannya seringkali tidak terdengar.

Jika Kacer milik mu bertingkah laku demikian, maka bisa dibilang bahwa itu adalah Kacer mbagong. Sebenarnya, mbagong adalah perilaku alami atau bawaan pada Kacer. Artinya, setiap Kacer memiliki potensi untuk berperilaku mbagong.

Meski merupakan perilaku bawaan yang tidak dapat dihilangkan, mbagong tetap bisa ditangani. Terdapat beberapa cara mengatasi Kacer mbagong yang efektif.

Apa Saja Penyebab Kacer Mbagong?

Kacer yang mbagong tidak terjadi tanpa alasan. Ada beberapa hal yang menjadi penyebab mengapa Kacer mbagong. Berikut ini adalah beberapa faktor yang menyebabkan burung Kacer kesayangan mu mbagong.

  1. Perilaku mbagong dapat terjadi jika burung Kacer mendapat lawan yang sangat tangguh dan juga mapan.
  2. Mbagong juga sangat mungin terjadi pada saat burung Kacer sedang tidak berada dalam kondisi yang betul-betul sehat atau fit.
  3. Selain itu, memaksa burung Kacer untuk naik birahi juga beresiko menyebabkan mbagong.
  4. Perawatan yang tidak kamu lakukan secara konsisten dan tepat juga dapat menyebabkan Kacer kesayangan kamu mbagong.
  5. Dan yang terakhir, mbagong dapat terjadi jika mental burung Kacer kurang bagus.

Itulah beberapa penyebab Kacer Mbagong. Apakah Kacer mbagong dapat diatasi? Tentu saja bisa. Berikut ini beberapa cara mengatasi Kacer mbagong.

Bagaimana Cara Mengatasi Kacer Mbagong?

Apabila Kacer yang kamu miliki menunjukkan tanda-tanda perilaku mbagong, segera tangani dengan baik. Beberapa langkah penanganannya antara lain:

Pulihkan Kondisi Burung Kacer

  • Bukan tidak mungkin burung Kacer yang kamu miliki sedang dalam kondisi yang tidak fit. Kondisi fit atau tidaknya burung Kacer bisa diamati lewat kotorannya. Jika tiba-tiba Kacer milikmu jadi sering mbagong, segera periksa kotoran di bawah sangkarnya.
  • Jika kotoran yang dihasilkan agak encer atau mengandung air, maka dapat diambi kesimpulan bahwa Kacer milik mu sedang tidak fit. Kotoran yang encer dan tidak padat menunjukkan bahwa pencernaan burung Kacer tersebut bermasalah. Gangguan pencernaan ini pastinya mempengaruhi kebugaran Kacer. Kondisi yang tidak fit menyebabkan perilaku mbagong pada Kacer.
  • Kondisi yang kurang fit pada burung Kacer juga dapat terjadi jika burung Kacer mu terkena stress atau terserang penyakit. Gangguan stress dan datangnya penyakit mungkin diakibatkan oleh kondisi sangkar yang kotor.
  • Sangkar yang kotor dapat menjadikan burung tidak nyaman, dan bakteri pembawa penyakit pun lebih mudah menyerang. Maka dari itu, sebaiknya kamu memperhatikan betul kebersihan sangkar Kacer.
  • Apabila Kacer terserang penyakit seperti cacingan, berikan obat cacing dan lakukan penanganan yang tepat jika terkena gangguan penyakit lain. Di samping itu, makanan juga memperngaruhi kondisi Kacer. Pastikan agar kamu selalu memberikan pakan yang tepat.
  • Kacer dikenal sensitive terhadap perubahan pakan, terutama voer. Maka, kamu sebaiknya tidak mengganti-ganti merk voer yang kamu gunakan. Cukup satu merk voer saja untuk pakan Kacer.

Mandi Secara Intensif

  • Kamu juga harus memperhatikan kebersihan tubuhKacer kesayangan. Pastikan untuk memandikannya secara rutin dan teratur. Kacer yang tidak dimandikan secara internsif akan menyebabkan Kacer mbagong. Untuk itu, mandikanlah Kacer mu secara intensif dan tepat waktu.
  • Kamu dapat memandikannya dengan cara spray atau semprt menggunakan sprayer. Tidak perlu membuat tubuh Kacer hingga basah kuyup. Atau, bisa juga dengan memasukkan Kacer ke dalam keramba mandi.
  • Hal ini bertujuan agar Kacer dapat mandi sendiri sesuai waktu yang dia inginkan. Metode ini juga memungkinkan kamu sebagai pemilik untuk mengetahui waktu yang paling tepat untuk memandikan Kacer.
Sesuaikan Sangkar dan Pola Tangkringan
  • Langkah berikutnya untuk mengatasi Kacer mbagong adalah dengan menyesuaikan pola sangkar dan tangkringan. Usahakan untuk tidak mengganti-ganti sangkar maupun pola tangkringan. Jika Kacer kepunyaanmu berperilaku mbagong, kemungkinan disebabkan pola tangkringan dan sangkar yang kerap kamu ganti.
  • Ubahlah sangkar atau pola tangkringan ke bentuk sedia kala. Jika Kacer sudah merasa nyaman dengan sangkar dan pola tangkringan yang sudah ada, maka biarkan saja seperti itu. Hal ini bertujuan agar kenyamanan Kacer tidak terganggu sehingga resiko mbagong menjadi kecil.

Mengatur Pemberian Pakan Tambahan

  • Pemberian pakan tambahan atau extra fooding pada Kacer ternyata juga dapat memicu timbulnya perilaku mbagong. Pakan tambahan berupa jangkrik harus diberikan secara tepat dan jangan berlebihan. Cari tahu jumlah jangkrik yang paling pas sebagai extra fooding Kacer.
  • Lakukan penambahan atau pengurangan pemberian jangkrik secara bertahap. Misalnya, jika biasanya kamu memberikan 4-5 jangkrik, maka kurangi menjadi 3 ekor jangkrik saja di pagi dan sore hari. Setelah menginjak hari ke lima, tambah menjadi 4 ekor jangkrip setiap pagi dan sore. Menginjak 10 hari pertama, pemberian jangkrik bisa ditambah menjadi 5 ekor.
  • Selain pemberian jangkrik, Kamu juga dapat memberi pakan tambahan lain berupa ulat bambu/ulat bumbung sebanyak 2-3 ekor setiap hari. Pemberian ulat bambu secara rutin setiap hari dipercaya mampu mencegah dan mengatasi Kacer mbagong.

Terapi untuk Mengatasi Kacer Mbagong

  • Selain beberapa cara yang sudah dibahas sebelumnya, untuk mengatasi Kacer mbagong juga dapat dilakukan dengan menerapkan terapi pada burung Kacer milikmu. Nah, berikut ini adalah rangkuman terapi untuk mengatasi Kacer mbagong.
Terapi Kandang Umbaran++
  • Kamu dapat memanfaatkan penggunaan kandang umbaran. Latihlah Kacer dalam kandang umbaran setiap hari. Buatlah tangkringan yang berjauhan. Wadah pakan dan minumnya juga diatur saling berjauhan ya.

Terapi Mandi Malam

  • Terapi ini dapat kamu aplikasikan secara rutin setiap hari atau beberapa hari sekali. Perhatikan kondisi cuaca dan suhu di daerah sekitar tempat tinggalmu. Terapi ini diyakini dapat mengurangi resiko mbagong pada Kacer.

Karantina Menggunakan atau Tanpa Kerodong

  • Lakukan terapi ini dengan cara memisahkan Kacer yang mbagong dari burung lain yang gacor. Proses ini berlangsung selama dua minggu hingga satu bulan.

Nah, itulah pembahasan lengkap tentang penyebab dan cara mengatasi Kacer mbagong. Tetap jaga kualitas perawatan kamu terhadap Kacer kesayangan. Sehingga dapat terhindar dari perilaku mbagong dan menjadi kacer yang berkwalitas juara.

2 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *