Cara Menjinakan Pleci Secara Cepat dengan 6 Metode yang Teruji Keberhasilannya

Cara menjinakan pleci sendiri sebenarnya mudah, tapi terkadang kita akan sedikit menemui kesulitan. Hal ini disebabkan oleh kondisi awal dari si burung itu sendiri saat pertama kali dibeli. Secara umum, penyebab utamanya adalah faktor stress yang dialami pleci, kondisinya yang sedang sakit, atau baru saja ditangkap dari alam liar.

Pada dasarnya, pleci merupakan salah satu burung kicauan yang dikenal mudah dijinakan. Burung mungil yang satu ini, memang dikenal mudah beradaptasi dengan lingkungan baru. Sehingga saat berpindah tangan, pleci akan gampang menyesuaikan diri dengan pemilik barunya. Maka tidak heran, jika burung ini terbilang burung penurut dan cepat untuk dijinakan.

Namun meski begitu, sebaiknya kita terlebih dahulu harus lebih mengenali kondisi burung ini sebelum kita mencoba menjinakannya. Nah, berikut ini ada beberapa cara menjinakan pleci yang tentunya bisa kamu coba dan kamu sesuaikan dengan kondisi si burung.

Cara Menjinakan Pleci Secara Cepat (100% Teruji)

Seerti yang sudah kita tahu bersama, memang penyebab utama kenapa pleci kita sulit dijinakan adalah sedang dalam keadaan stress. Salah satu tandanya adalah burung bergerak tidak karuan, tidak teratur, bahkan sering menabrakan dirinya sendiri pada jeruji sangkarnya.

Jika terus dibiarkan, maka tentu akan berdampak pada kondisi kesehatan si burung. Nah, cara efektif untuk mengatasi permasalahan ini adalah biarkan si burung menenangkan diri sejenak. Jangan disandingkan dengan burung yang lain, bila perlu bisa disediakan tempat khusus yang jauh dari burung lain.

Jika pleci dalam kondisi sakit dan terlihat mengkhawatirkan, sebaiknya segera beri perawatan terlebih dahulu sebelum dijinakan. Setelah keadaannya sudah memungkinkan, barulah bisa kita mulai menjinakannya.

Cara menjinakan pleci sendiri tidak hanya satu, melainkan ada beberapa metode. Semua metode yang ada tentu saja sudah teruji dan mudah untuk diterapkan, bahkan untuk pemula sekalipun. Nah, berikut ini beberapa metode menjinakkan pleci yang bisa kamu coba di rumah.

1. Cara Menjinakkan Pleci dengan Metode Terapi Lapar

Penerapan metode yang pertama ini sebenarnya sangat mudah. Kamu cukup membuat si pleci menjadi lapar, sehingga saat kamu berikan umpan pakan, burung tersebut akan menuruti kehendakmu. Masih bingung? Oke, untuk lebih jelasnya, berikut ini beberapa langkah yang bisa kamu lakukan untuk mempraktekkan metode ini.

  1. Untuk sementara, keluarkanlah semua makanan pleci yang ada di dalam sangkar. Usahakan semuanya sudah pakan yang ada di sangkar sudah bersih, sehingga tidak ada lagi celah bagi si burung untuk makan.
  2. Selanjutnya kamu harus menyiapkan pakan untuk dijadikan umpan. Ada beberapa pakan yang bisa kamu gunakan. Misalnya seperti ulat hongkong, jangkrik, atau pisang.
  3. Sajikan pakan-pakan tersebut untuk dijadikan umpan. Caranya cukup mudah, yaitu:
    • Untuk ulat hongkong sendiri, bisa kamu tusuk secara langsung menggunakan batang lidi. Usahakan untuk panjangnya sudah disesuaikan dengan jangkauan pleci kita.
    • Sedangkan untuk pisang, kamu tidak harus menggunakan pisang dalam ukuran utuh. Sebaiknya cukup dipotong setengahnya saja. Kemudian tusukan lidi pada setengah potongan pisang tersebut di bagian ujung batang lidi.
    • Jika umpannya adalah jangkrik, maka kamu harus memotong kepala dan kakinya terlebih dahulu. Setelah itu, tusukan badan jangkrik tersebut di ujung batang lidi yang sudah disediakan panjangnya dengan jangkauan si pleci
  4. Nah, umpankan pakan yang sudah disiapkan tadi kamu arahkan ke arah burung pleci di dalam kandang. Cobalah sekali-kali kamu gerak-gerakan umpan tersebut dengan ujung lidi yang sedang kamu pegang.
  5. Perhatikan gerakan pleci tersebut. Jika burung itu terlihat agresif dan merespon dengan baik, berarti usaha yang kamu lakukan berhasil.
  6. Lakukan cara ini berulang kali, hingga si pleci kesayangan kita mau makan langsung dari tangan kita. Cara menjinakan pleci dengan metode ini biasanya membutuhkan waktu kurang lebih satu minggu.

2. Cara Menjinakan Pleci dengan Metode Memandikannya

Jika cara pertama sudah diraktekkan namun kurang membuahkan hasil, kamu bisa beralih ke metode selanjutnya. Cara menjinakan pleci berikutnya yang bisa kamu terapkan adalah dengan memandikan pleci hingga badannya basah kuyup. Supaya lebih jelas, berikut ini tahapan kerja yang harus kamu lakukan:

  1. Siapkan alat sprayer halus (srayer yang hasil semrotan airnya berupa butiran air yang halus seperti embun). Isi sprayer dengan air bersih secukupnya.
  2. Semprotkan air secukupnya ke arah badan pleci, hingga semua badannya tampak basah kuyup.
  3. Elus-eluslah tubuh pleci tersebut dengan sedikit memain-mainkannya.
  4. Lakukan cara seperti ini 3 kali sehari secara rutin. Tujuannya agar pleci kesayanganmu lebih cepat jinak.

3. Cara Menjinakan Pleci dengan Metode Penempatan di Keramaian

Cara menjinakan pleci paling mudah yang bisa kita lakukan sebenarnya adalah dengan menempatkan pleci di keramaian. Metode ini sebenarnya termasuk cara alami dan tentunya tanpa adanya penyiksaan.

  1. Cara ini hanya bisa dilakukan dengan syarat tertentu, yakni kondisi burung sudah harus dalam keadaan stabil atau tidak stress.
  2. Jika syarat tersebut sudah terpenuhi, maka selanjutnya kamu bisa menempatkan sangkar pleci di tempat-tempat yang strategis.
  3. Kamu bisa menaruh pleci di pinggir jalan, halaman teras rumah, atau menyandingkannya dengan burung-burung lainnya.
  4. Secara umum cara ini akan mendorong kenyamanan si burung ketika kita sentuh. Sebab pleci sudah terbiasa dengan kondisi linkungan yang ramai dan lalu lalang manusia. Sehingga pleci tidak agresif dan berubah jadi jinak.

4. Cara Menjinakkan Pleci dengan Metode Terapi Lidi

Nah, cara menjinakan pleci selanjutnya yang bisa kamu terapkan adalah metode terapi lidi. Untuk melakukan metode ini memang dibutuhkan ketelatenan. Sebab kamu harus melakukannya secara halus dan bertahap. Kamu bisa mempraktekkan langkah–langkah berikut ini.

  1. Sediakan sebatang lidi yang akan digunakan sebagai alat terapinya. Ukuran panjang lidi menyesuaikan saja, yang penting bisa menjangkau burung pleci di dalam sangkarnya.
  2. Elus-eluskan batang lidi tersebut ke tubuh pleci. Jika burung pleci tidak memberontak dan merespon rangsangan yang kamu berikan, kemudian potonglah sedikit demi sedikit batang lidi tersebut menjadi lebih pendek
  3. Setelah batang lidi sudah semakin pendek, lihatlah perkembangan respon dari pleci kesayanganmu. Jika sudah mulai nurut, berarti cara ini sudah membuahkan hasil.
  4. Selanjutnya cobalah untuk mengelus-elus pleci dengan tangan kosong. Jika pleci tidak menghindari sentuhan tanganmu, maka hal ini menandakan bahwa pleci tersebut sudah jinak.

5. Cara Menjinakkan Pleci dengan Metode Memberikan Rangsangan Suara

Setiap burung kicau, pasti selalu peka terhadap suara yang ada di sekitarnya. Maka cara alami selanjutnya yang bisa kamu lakukan untuk menjinakannya adalah dengan memberikan rangsangan suara.

  1. Suara yang dimaksud bisa berasal dari burung lain. Bahkan juga bisa dari diri kita sendiri.
  2. Cara pemberian rangsangan suara yang sering dilakukan kebanyakan orang adalah dengan menyiulinya. Dengan bersiul, kita seakan-akan sedang mengajak bicara burung pleci kita.
  3. Nah, jika ada tanda akan jinak, biasanya si pleci akan menanggapi siulanmu dengan suara kicauannya. Jika sudah sering menunjukkan perilaku yang seperti itu, maka tandanya pleci sudah sangat jinak.
  4. Jika masih belum ada tanda-tanda jinak, terus lakukan cara ini. Lakukan dengan rutin sekiranya 2 kali sehari. Saat pagi hari dan sore hari sudah cukup.

6. Cara Menjinakkan Pleci dengan Metode Menghadirkan Pasangan

Jika burung pleci yang akan kamu jinakan berjenis kelamin laki-laki, ada baiknya kamu juga mencoba metode yang satu ini. Tetapi kamu harus terlebih dulu mengetahui cara membedakan pleci jantan dan betina. Supaya tahu persis apa benar pleci milikmu jantan.

Cara menjinakan pleci yang satu ini dilakukan dengan menghadirkan pasangannya, yakni pleci betina. Tetapi dengan satu catatan ya, pleci betinanya harus sudah dalam keadaan jinak terlebih dahulu. Caranya cukup mudah, cukup ikuti langkah-langkah berikut.

  1. Siapkan burung pleci jantan yang akan dijinakan di dalam sangkar.
  2. Dekatkan burung pleci betina ke arah sangkar tersebut. Amati respon dari burung pleci jantan milikmu. Jika si burung mulai merespon berarti cara ini mulai membuahkan hasil. Respon yang dilakukan bisa berupa kicauan ataupun gerak-gerik yang dilakukan oleh si burung.
  3. Kamu juga bisa membuat burung jantan tersebut cemburu. Caranya dengan memberikan perhatian lebih kepada si betinanya. Misalnya dengan memberikan jangkrik kepada pleci betina langsung dengan tangan mu. Sehingga seolah-olah burung betina tersebut sedang mematoki tanganmu dengan lembut.
  4. Lihatlah kembali respon dari si jantan. Nah, jika si jantan sudah tambah bereaksi, cobalah juga untuk memberikan perhatian kepadanya dengan cara yang sama.
  5. Lakukan cara ini secara rutin, setiap pagi atau sore hari kemudian lihatlah hasilnya.

Itulah beberapa cara menjinakan burung pleci secara cepat yang bisa kamu lakukan. Jika kamu menginginkan hasil yang maksimal, sebaiknya lakukan dengan telaten dan penuh kasih sayang.

Hindari menyakiti atau menyiksa burung kesayangan mu. Kalau sekiranya masih susah jinak, jangan dipaksa. Bisa-bisa nanti malah stress dan jatuh sakit. bahkan yang terburuk bisa jadi pleci mu akan mati.

Namanya memelihara ya harus dengan kasih sayang. Namanya pemilik ya harus tanggungjawab. Tidak boleh seenak hati dan sembarangan. Semoga pleci mu bisa cepat jinak dan semoga info ini bermanfaat.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *