Cara Merawat Cucak Ijo Agar Gacor Maksimal dan Juara Kontes

Cara merawat Cucak Ijo termasuk yang cukup mudah dan tidak terlalu ribet. Kita hanya perlu memperatikan beberapa hal-hal yang pokok saja. Sehingga meski sesibuk apa pun kita bekerja, kita masih bisa memberikan perawatan yang prima. Apalagi untuk si Cucak Ijo kesayangan kita supaya bisa gacor dan juga juara kontes.

Seperti yang kita tahu, Cucak Ijo merupakan salah satu jenis burung kicau yang cukup populer di kalangan pecinta burung. Burung yang memiliki warna hijau yang dominan di tubuhnya ini memiliki penampilan dan postur tubuh yang gagah dan juga indah dipandang.

Salah satu yang menjadi andalan jenis burung ini adalah kicauannya yang gacor. Untuk itu, diperlukan pengetahuan mumpuni terkait cara merawat Cucak Ijo yang tepat.

Cara Merawat Cucak Ijo yang Baik dan Benar Supaya Gacor dan Juara

Jika ingin Cucak Ijo milikmu menjadi gacor maksimal serta juara di arena kontes, maka kamu harus merawatnya dengan baik. Setiap hal harus kamu perhatikan dengan sedetail mungkin. Kamu bisa mempraktekkan beberapa tips cara merawat Cucak Ijo berikut ini agar Cucak Ijo kesayanganmu makin gacor dan bermental juara.

1. Pemilihan Jenis Pakan untuk Cucak Ijo

Hal pertama yang wajib Anda perhatikan adalah pemilihan pakan bagi Cucak Ijo yang kamu pelihara. Pakan merupakan faktor yang perannya sangat penting dalam menghasilkan Cucak Ijo yang gacor dan memiliki kualitas kicauan jempolan. Ada beberapa jenis pakan yang yang dapat kamu berikan untuk burung Cucak Ijo mu.

Buah-buahan segar

  • Buah-buahan segar merupakan pakan alami yang dikonsumsi Cucak Ijo di alam bebas. Ada beberapa jenis buah yang biasanya menjadi favorit Cucak Ijo. Kamu bisa memberikan papaya, pisang kapok, pir, jeruk, dan juga apel merah.
  • Setidaknya terdapat berbagai macam vitamin penting yang terkandung dalam buah-buahan tersebut. Vitamin tersebut sangat penting dan diperlukan burung untuk kondisi kesehatan dan juga perkembangan kemampuan gacornya.
  • Jika kamu memberikan buah-buahan segar, pastikan untuk mencucinya dengan bersih sebelum diberikan kepada burung. Hal ini bertujuan agar burung tidak mengonsumsi zat-zat kimia berbahaya seperti pestisida. Seperti halnya manusia, zat-zat kimia juga dapat mengganggu kondisi kesehatan burung.
  • Buah papaya diyakini mampu meningkatkan kekebalan tubuh Cucak Ijo. Untuk itu, kamu sebaiknya memberikan papaya secara rutin sebagai pakan alaminya. Selain itu, pemberian buah papaya juga dapat melancarkan sistem pencernaan Cucak Ijo.

Pakan Tambahan atau Extra Fooding (EF)

  • Jenis pakan yang kedua adalah pakan tambahan. Pemberian extra fooding berpengaruh bagi perkembangan burung.
  • Extra fooding mengandung protein yang baik untuk burung. Alangkah baiknya jika kamu memberikan pakan tambahan untuk melengkapi pakan alaminya.
  • Pakan tambahan yang cukup bagus biasanya berupa ulat hongkong dan kroto. Kamu juga perlu memperhatikan pemberian jumlah kroto dan ulat hongkong yang kamu berikan. Jika diberikan secara berlebihan, justru akan berdampak buruk bagi Cucak Ijo.
    • Kroto yang diberikan secara berlebihan dapat menyebabkan peningkatan suhu tubuh pada burung. Jika suhu burung terlalu panas, dikhawatirkan dapat menyebabkan burung menjadi emosional dan galak. Selain itu juga dapat menjadikan mabung tak tepat dan juga resiko over birahi.
    • Jika kamu teranjur memberikan kroto secara berlebih, hentikan pemberian kroto selama beberapa saat. Untuk menurunkan birahi yang over, kamu bisa memberikan ulat bambu atau ulat bumbung. Ulat bambu dapat kamu berikan dua kali yaitu setiap pagi dan sore hari.
    • Sementara itu, ulat hongkong juga harus tepat pemberiannya. Pemberian ulat hongkong berlebih akan menimbulkan penyakit katarak pada burung.
    • Selain itu, penting juga agar kamu membuang bagian kepala ulat hongkong sebelum diberikan kepada burung. Kepala ulat hongkong yang keras dapat mengganggu pencernaan burung. Kepala ulat juga bisa menggigit tenggorokan burung saat dimakan.

Voer atau Poor

  • Ada baiknya jika kamu juga memberikan pakan lain berupa voer atau poor. Voer mengandung nutrisi seperti vitamin, mineral, dan zat lain yang tentunya baik bagi kesehatan Cucak Ijo.
  • Sebaiknya berikan voer dengan kadar protein yang sedang, yaitu antara 12-18%.
  • Selain itu usahakan untuk menggunakan satu jenis merk voer saja. Mengganti-ganti merek voer diyakini dapat berakibat buruk bagi burung, seperti bulu yang tampak kusam dan pudar.

2. Pembuatan Sangkar yang Tepat

Sangkar merupakan hal yang penting untuk diperhatikan dalam merawat Cucak Ijo. Burung yang memiliki nama latin Chloropsis sonnerati ini termasuk burung yang aktif bergerak.

  • Usahakan agar membuat atau memilih sangkar yang ukurannya tidak terlalu kecil. Hal ini bertujuan agar burung tersebut leluasa dalam bergerak. Selain itu, sangkar yang cukup bisa menghindarkan burung dari stress.
  • Selain sangkar, tangkringan juga sangat perlu untuk diperhatikan. Sebaiknya kamu menyediakan sedikitnya dua buah tangkringan yang polanya sejajar. Dengan begitu, burung dapat bergerak dan betengger sesuka hati dan tidak merasa terkurung atau tertekan.
  • Usahakan pula untuk menyediakan wadah mandi dalam sangkar. Cucak Ijo sebetulnya dikenal sebagai burung yang gemar mandi sendiri. Menyediakan wadah mandi bagi burung tentunya akan menimbulkan dampak yang baik bagi perilaku Cucak ijo.

3. Mandi Teratur

Untuk urusan mandi, sebaiknya juga harus kita perhatikan. Wadah mandi untuk Cucak Ijo sebaiknya disesuaikan dengan karakteristik masing-masing burung. Tentu saja harus menyesauaikan tingkah laku dari Cucak Ijo milikmu.

  • Jika Cucak Ijo Anda senang mandi sendiri, maka cukup sediakan wadah mandi di dalam sangkar.
  • Jika karakteristik Cucak Ijo milikmu sangat suka mandi, kamu juga bisa memasukkanny Cucak Ijo milikmu ke dalam keramba mandi khusus.
  • Sebaliknya jika Cucak Ijo kesayanganmu tidak senang memandikan diri sendiri, maka sebaiknya lakukan pemandian dengan cara semprot menggunakan sprayer.
  • Lakukan pemandian secara teratur pada pagi dan sore hari. Setelah selesai dimandikan, lakukan penjemuran dengan cara diangin-anginkan.

4. Menjaga Kebersihan Sangkar

Kebersihan sangkar juga harus kamu perhatikan dengan serius. Jangan samai kebersihan sangkar kamu abaikan. Sebab sangkar yang kotor justru akan memberikan damak buruk ada Cucak Ijo.

  • Usahakan agar selalu membersihkan sangkar setiap hari. Utamanya, bersihkan sangkar dari kotoran sebelum memandikan burung.
  • Di samping itu, wadah minum juga harus dikontrol kebersihannya. Selalu bersihkan dan ganti air secara rutin agar terhindar dari kotoran dan lumut.
  • Selain bisa menjaga kesehatan dan terhindar dari penyakit, sangkar yang bersih juga akan menimbulkan rasa nyaman bagi burung.,/li>
  • Jika burung merasa nyaman, maka ia akan lebih fokus saat proses pemasteran. Dengan begitu Cucak Ijo milikmu akan gacor maksimal dan bermental juara.

5. Proses Pemasteran Burung

Jika kamu ingin memiliki Cucak Ijo yang gacor dan memiliki kicauan yang merdu, sebaiknya lakukan pemasteran secara rutin dan tepat. Pemasteran dapat dilakukan dengan menggunakan Cucak Ijo yang sudah jadi. Atau, kamu juga bisa menggunakan rekaman mp3 suara Cucak Ijo yang banyak tersedia di internet.

  • Pemasteran dapat kamu lakukan secara rutin pada pagi, siang, sore, atau bahkan malam hari.
  • Pastikan untuk melakukan proses pemasteran setelah memandikan burung.
  • Pastikan sebelum melakukan proses pemasteran tubuh Cucak Ijo dan sangkarnya juga sudah bersih. Kondisi tubuh dan tempat yang bersih akan membuat burung lebih fokus dalam merekam suara pancingan.
  • Ada anggapan bahwa burung yang dikerodong saat pemasteran akan lebih cepat belajar. Maka, tak ada salahnya jika kamu coba untuk melakukannya juga.
  • Pemasteran ini sebaiknya kamu lakukan secara rutin. Akan tetapi, jika burung telah dimaster dalam waktu lama tetapi belum gacor juga, cobalah untuk memberikan terapi lanjutan.
  • Terapi ini dapat dilakukan dengan menggunakan suara Cucak Ijo betina untuk memancing keluarnya suara yang gacor.

Itulah tadi beberapa tips cara merawat cucak ijo agar bisa gacor maksimal dan juga bermental juara. Beberapa hal yang perlu kamu ketahui mengenai cara merawat Cucak Ijo sudah lengkap kamu dapatkan di sini.

Selanjutnya untuk mendapatkan hasil yang maksimal, lakukan semua poin-poin perawatan di atas secara rutin dan juga konsisten. Dengan demikian kamu akan memiliki Cucak Ijo yang tak hanya sehat, bebas stress, tetapi juga gacor dan tentunya juara kontes. Selamat mencoba!

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *