10 Ciri-ciri Cucak Ijo yang Bagus dan Berkualitas Juara

Ciri-ciri Cucak Ijo yang Bagus dan Berkualitas JuaraSalah satu jenis burung yang menjadi idola para pecinta burung adalah jenis Cucak Ijo. Burung Cucak Ijo adalah jenis burung yang memiliki penampilan fisik yang indah dan cantik. Warnanya yang dominan hijau disertai kicauannya yang merdu cukup banyak menarik perhatian orang.

Tak heran, Cucak Ijo menjadi salah satu favorit di pasaran. Harganya di pasaran pun tidak terlalu tinggi. Hal ini juga yang menjadi pertimbangan banyak orang tertarik ingin memilikinya.

Meski begitu, kamu harus tetap selektif saat membeli Cucak Ijo. Burung yang juga dikenal sebagai Murai Batu daun ini, jika tidak kamu ketahui dengan baik ciri-cirinya, justru akan merugikanmu, sebab besar kemungkinannya untuk tertipu.

Burung dengan nama latin Chloropsis Sonnerati ini memiliki warna hijau terang. Ukuran tubuh Cucak Ijo kira-kira sebesar 22 cm. Jika kamu adalah seorang pecinta burung yang belum memiliki Cucak Ijo tetapi ingin memilikinya, kamu harus mengetahui beberapa ciri-ciri Cucak Ijo.

Terutama untuk kamu yang ingin memiliki cucak ijo yang yang bagus dan berkualitas juara. Nah, berikut ini adalah 10 ciri-ciri cucak cucak ijo yang bagus dan berkarakter juara yang wajib kamu ketahui.

Ciri-ciri Cucak Ijo yang Bagus dan Memiliki Kualitas Juara

Ada beberapa hal yang sebenarnya sangat sederhana namun bisa digunakan sebagai tolok ukur bagus atau tidaknya cucak ijo. Khususnya jika dilihat dari segi fisik dan juga anatomi tubuhnya. Namun juga terdaat beberapa detail lain yang wajig dipertimbangkan terkait ciri-ciri cucak ijo yang bagus dan berkelas juara.

1. Bentuk Tubuh Cucak Ijo

  • Hal pertama yang harus kamu perhatikan saat akan membeli Cucak Ijo adalah dari bentuk tubuh dan postur tubuhnya. Ciri-ciri Cucak Ijo yang bagus dan berkualitas juara diantaranya postur tubuh proporsional.
  • Artinya postur tubuhnya tegap, antara kepala, leher, kaki, dan badan semuanya memperlihatkan bentuk tubuh yang seimbang.
  • Bentuk tubuh Cucak Ijo yang bagus umumnya juga terlihat agak panjang. Selain itu, bentuk ekornya mengepal ke arah bawah.

2. Bentuk Paruh Cucak Ijo

  • Ciri berikutnya yang perlu kamu perhatikan adalah bentuk paruhnya. Ciri-ciri Cucak Ijo yang bagus memiiki bentuk paruh yang tebal dan besar.
  • Cucak Ijo yang memiliki ciri paruh tersebut menandakan bahwa burung tersebut memiliki suara yang bagus.
  • Usahakan untuk memilih Cucak Ijo yang bagian bawah paruhnya lurus, jangan memilih yang paruhnya bengkok.
  • Selain itu, pilihlah Cucak Ijo yang lubang hidungnya dekat dengan mata.

3. Karakteristik Mata Cucak Ijo

  • Ciri-ciri Cucak Ijo yang bagus dan berkualitas juara selanjutnya dapat dilihat dari matanya. Carilah Cucak Ijo yag memiliki mata yang besar dan melotot, dan juga bentuk kepala yang besar dan tebal.
  • Konon, burung Cucak Ijo dengan dua karakteristik ini memiliki kecerdasan tinggi sehingga mampu belajar dengan cepat. Artinya untuk melatih kicauannya terbilang cepat. Apalagi jika sering disandingkan dengan cucak ijo lain yang sudah mantab kicauannya.

4. Bentuk Dada dan Punggung Cucak Ijo

  • Selanjutnya, untuk ciri-ciri Cucak Ijo yang bagus dan berkualitas juara umumnya memiliki dada yang lebar dan tampak berisi serta tidak cekung.
  • Sedangkan bagian untuk bagian punggungnya pilihlah yang terlihat melengkung. Nah, dengan memperhatikan ciri-ciri ini, kamu akan memperoleh Cucak Ijo yang bagus dan berkualitas juara.
  • Sebab Cucak Ijo yang berdada lebar dan datar serta punggung yang melengkung,
    umumnya menghasilkan kicauan yang jauh lebih nyaring dan panjang. Sebab bagian pernapasan dan ruang paru-parunya cukup besar, sehingga membuat kicauan jadi lama dan nyaring.

5. Warna Bulu Cucak Ijo

  • Salah satu ciri Cucak Ijo yang cukup khas adalah pada bagian bulunya. Pilih yang memiliki warna terang dan juga bagian terlihat bulunya bagus (tidak rontok, kusam, atau kusut).
  • Warna yang dimiliki Cucak Ijo kualitas juara pada tubuh bagian atasnya adalah hijau matang. Sedangkan warna pada bagian bawah paruh Cucak Ijo berwarna hitam pekat.
  • Warna yang spesifik seperti di atas bisa kamu jadikan sebagai acuan ciri-ciri Cucak Ijo yang bagus.

6. Kondisi Sayap Cucak Ijo

  • Cucak Ijo yang baik dan prima, kondisi sayapnya mengepit dan juga tertutup oleh bulu dengan sempurna. Jika kamu ingin yang berkualitas super, pilihlah Cucak Ijo yang sayapnya mengepit dengan rapat.
  • Selain itu pilih yang kakinya dapat mencengkeram dengan kuat saat bertengger dan mengatupkan sayapnya. Ciri tersebut menandakan bahwa burung tersebut kondisinya sehat. Bahkan untuk ciri-ciri Cucak Ijo yang bagus untuk lomba juga wajib seperti itu.

7. Kondisi Fisik Cucak Ijo

  • Cucak Ijo yang sehat biasanya bergerak dengan lincah dan memiliki nafsu makan yang tinggi.
  • Selain itu, pilihlah Cucak Ijo yang bernapas dengan tenang dan juga teratur.
  • Dua poin tersebut menunjukkan ciri-ciri Cucak Ijo yang bagus dan tentunya layak untuk ditebus.

8. Pola Kicauan Cucak Ijo

  • Setelah mempperhatikan poin-poin di atas, jangan lupa untuk memperhatikan pula kicauan yang dihasilkan si Cucak Ijo.
  • Ciri-ciri Cucak Ijo yang bagus memiliki kicauan dengan suara yang nyaring dan juga merdu. Bahkan yang berkualitas suer kicauannya juga berdurasi lama dan tanpa jeda.
  • Selain itu, pada saat berkicau, Cucak Ijo yang bagus akan menggerakkan atau menggoyangkan ekornya. Itu tandanya si Cucak Ijo dalam keadaan bagus dan tidak stress atau tertekan.

9. Tingkat Stress dan Kualitas Kesehatan Cucak Ijo

  • Sebagai pembeli kita terkadang tidak begitu tahu tentang bagaimana emilik lama merawat Cucak Ijo yang akan kita beli. Jadi enting untuk kita menanyakannya, atau paling tidak melihat secara sekilas tentang kualitas kesehatan dan tingkat stressnya.
  • Cucak Ijo yang sehat dan tidak stress memiliki ciri yang jelas. Bulunya kering jika kita sentuh, tidak terlihat kusam, dan memiliki juga mmiliki warna yang mengkilap.
  • Namun jika karakteristik tersebut menunjukkan hal yang berkebalikannya, berarti kondisi kesehatannya tidak baik dan perawatan sebelumnya bisa dibilang cukup buruk.
  • Jadi daripada membeli Cucak Ijo yang tidak sehat dan barangkali stressnya tinggi, lebih baik relakan saja dan cari Cucak ijo yang lainnya. Tentunya dengan ciri-ciri Cucak Ijo yang bagus seperti yang sudah dibahas di atas.

10. Penampakan Kotoran Cucak Ijo

  • Ciri-ciri Cucak Ijo yang bagus dapat dilihat dari penampakan kotoran Cucak Ijo itu sendiri. Jika kotoran yang dihasilkan padat dan tidak cair, maka Cucak Ijo tersebut kondisinya baik dan sehat.
  • Artinya Cucak Ijo yang seperti ini cocok untuk dijadikan indukan untuk ternak Cucak Ijo atau masteran lomba.

Nah, kurang lebih itulah tadi beberapa ciri-ciri Cucak Ijo yang bagus dan juga memiliki kualitas juara. Alangkah baiknya jika kamu betul-betul paham dengan semua ciri di atas secara detail.

Supaya nantinya kamu tidak akan mudah tertipu saat bertransaksi. Apalagi jika ada embel-embel kualitas bagus dan juga calon juara. Buat kamu yang sudah terlanjur membelinya, ingat untuk selalu merawatnya dengan baik.

Perhatikan semua kebutuhan si Cucak Ijo tersebut agar tetap sehat dan prima. Sehingga nantinya akan menghasilkan kualitas kicauan dan juga penampilan yang istimewa.

Bahkan bila perawatannya sangat baik, niscaya Cucak Ijo yang kamu jadikan indukan tersebut akan menghasilkan anakan dengan kualitas juara. Terserah, mau kamu jual atau kamu ikutkan lomba.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *