9 Ciri-ciri Murai Batu Medan Asli dan Berkualitas yang Wajib Kicau Mania Ketahui

Ciri-ciri Murai Batu Medan bagi pecinta burung kicau senior, pastinya sudah tak asing lagi bukan? Namun bagi pemula yang baru menekuni hobi ini tentunya masih kesulitan mengenalinya. Oiya, buat yang belum tahu Murai Batu Medan, Murai Batu Medan merupakan salah satu jenis burung berkicau merdu yang paling diburu oleh para pecinta burung. Murai Batu Medan dikenal dengan bentuknya yang eksotis dengan ekor burung yang panjang.

Selain itu, salah satu yang menjadi ciri-ciri Murai Batu Medan yang khas adalah kualitas kicauannya yang istimewa. Oleh karena itu, burung jenis ini memiliki harga jual yang lumayan tinggi dibanding burung sejenisnya dari keluarga Murai Batu.

Nah, buat Anda pecinta burung kicau dan kebetulan belum familiar dengan ciri-ciri Murai Batu Medan secara mendetail dan tepat. Pas sekali berikut ini beberapa ciri yang bisa jadi patokan untuk mengetahui apakah jenis Murai Batu tersebut termasuk Murai Batu Medan atau bukan, serta bagus atau tidaknya.

9 Ciri-ciri Murai Batu Medan Asli dan Berkualitas Bagus

Secara spesifik sebenarnya kita bisa mengambil 9 poin untuk dijadikan patokan untuk bagus dan tidaknya Murai Batu Medan. Jika semua kriteria tersebut terpenuhi, maka bisa dipastikan Murai Batu Medan tersebut berkualitas. Namun jika hanya terpenuhi setengahnya atau bahkan kurang, tandanya Murai Batu Medan tersebut jauh dari kualitas yang bagus.

1. Ciri Fisik Murai Batu Medan

Ciri-ciri Murai Batu Medan pertama yang harus Anda ketahui adalah terkait ciri-ciri fisiknya. Murai Batu Medan memiliki ciri postur dengan bentuk tubuh yang terbilang lebih besar jika dibandingkan jenis Murai Batu lainnya.

  • Akan tetapi, meskipun postur tubuhnya besar, Murai Batu Medan memiliki bentuk ekor yang panjang. Panjangnya ekor membuat postur Murai Batu Medan tetap terlihat ideal.
  • Postur tubuh yang besar membuat Murai Batu Medan terlihat gagah. Bentuk tubuh yang besar inilah yang membuat suara kicauan yang dihasilkan lebih berkualitas dibandingkan Murai Batu jenis lain yang lebih kecil.

2. Bentuk Kepala dan Postur Murai Batu Medan

Ciri-ciri Murai Batu Medan yang kedua dapat dilihat dari bentuk kepalanya. Bentuk kepala Murai Batu Medan terlihat begitu indah, beda dengan Murai Batu yang lainnya.

  • Terlebih lagi, jika Murai Batu Medan berkualitas sedang berdiri, kepala akan ditegakkan. Pose seperti ini akan semakin memperlihatkan keindahan dan juga kematangannya.
  • Salah satu daya tarik yang seperti ini tentunya harus dipertimbangkan. Apalagi jika kita ingin memiliki Murai Batu Medan yang pantas untuk dipajang dan juga diperlombakan.

3. Bentuk Ekor dan Gerakan Ekor Murai Batu Medan

Ciri-ciri berikutnya dapat dilihat dari bentuk ekornya. Ekor Murai Batu Medan berukuran panjang dan sedikit melengkung.

  • Saat ingin membeli Murai Batu Medan, Sebaiknya kamu harus memperhatikan bagian ekornya dengan baik-baik, kalau bisa dengan jeli malah lebih bagus.
  • Jika kamu jeli dalam memperhatikannya, ciri-ciri Murai Batu Medan yang sangat khas adalah ekornya yang lebih panjang dari jenis Murai Batu yang lain. Jika dihitung, kurang lebih panjang ekor Murai Batu Medan umumnya mencapai 26cm hingga 35cm.
  • Selain itu, salah satu ciri-ciri Murai Batu Medan yang berkualitas adalah pergerakan ekornya. Murai Batu Medan yang bagus dapat mengangkat ekornya sampai ujung kepala.
  • Itulah yang membuat burung Murai Batu Medan sangat unik. Keunikan ini tidak dapat kamu temukan pada jenis Murai Batu lain. Sehingga ciri khas Murai Batu Medan yang satu ini dapat memudahkanmu ketika membedakannya.

4. Kombinasi Warna Bulu Murai Batu Medan

Ciri-ciri Murai Batu Medan selanjutnya yang khas dapat dilihat dari kombinasi warna yang terdapat di bagian bulunya. Biasanya, Murai Batu Medan memiliki warna coklat tua atau hitam abu yang dominan pada bagian dada. Sedangkan pada bagian lainnya seperti leher, sayap, dan kepala biasanya berwarna hitam pekat.

  • Kombinasi warna coklat tua dan hitam pada Murai Batu Medan dapat dilihat dengan mudah. Hal ini akan membuatmu lebih mudah mengetahui mana Murai Batu Medan yang asli dan yang bukan.
  • Khusus untuk Murai batu Medan yang bagus, bulunya terlihat rapi, tidak rontok, dan warnanya cenderung berkilau. Kalau untuk diikutkan lomba atau indukan, sebaiknya kamu pilih yang cirinya seperti itu.

5. Kicauan Khas Murai Batu Medan

Ciri-ciri Murai Batu Medan selanjutnya yang khas tentunya dapat dilihat dari suara kicauan yang dihasilkannya. Murai Baru Medan memiliki kicauan yang sangat indah dan khas. Keindahan kicauannya menjadikan burung jenis ini memiliki karga jual yang tinggi. Semakin jernih, nyaring dan anjang kicauannya, maka semakin mahal juga harga jualnya.

  • Jenis kicauan yang dihasilkan Murai Batu Medan cukup dikenali karena memiliki intonasi suara yang sangat jelas dan juga keras.
  • Selain itu, Murai Batu Medan juga memiliki kicauan dalam berbagai variasi yang unik. Bahkan burung yang satu ini juga dapat menghasilkan suara kicauan secara berulang dan terus-menerus.
  • Nah, yang seperti inilah Murai Batu Medan yang cocok dijadikan masteran dan diikutkan lomba. Suara yang jernih dan ngekek yang panjang umumnya bisa dilatih. Selain itu faktor akan yang bergizi juga ada pengaruhnya.
  • Salah satu pakan tersebut adalah ulat hongkong. Kamu bisa mendappatkan ulat hongkong di toko dan pasar burung atau bisa juga dari hasil budidaya ulat hongkong. Kamu bisa mencobanya di rumah suaya hemat pengeluaran pakan.

6. Motif Ekor dari Murai Batu Medan

Ciri-ciri Murai Batu Medan yang selanjutnya dapat dilihat dari motif ekornya. ada umumnya Murai Batu Medan memiliki empat pasang bulu yang berwarna putih yang terdapat di bagian kanan dan kiri ekornya.

  • Corak berwarna putih ini terkadang membentuk huruf ā€œUā€ yang tengahnya terpotong. Selain itu, terdapat ciri lain berupa strip berwarna hitam yang membelah pangkal ekor secara horizontal. Jadi untuk membedakan Murai Batu Medan asli dan yang bukan sangat kentara jika diperhatikan dari motif bulu ekornya.
  • Nah, ciri khas yang terdapat pada ekor Murai Batu Medan ini tentunya dapat mempermudah kamu dalam membedakan Murai Batu lain dengan Murai Batu Medan meski pun hanya sekilas pandang.
  • Oiya, jika kamu ingin membeli untuk diikutkan lomba, sebaiknya pilih yang motif ekornya terlihat jelas.
  • Selain itu pilih yang motifnya juga presisi dan identik antara kanan dan kiri. Terakhir, pastikan juga warna putihnya cenderung berkilau dan terlihat bersih.

7. Bulu Hitam Murai Batu Medan yang Berkilau

Ciri-ciri Murai Batu Medan yang tak kalah entingnya adalah warna hitam ada bulunya yang mengkilat. Telah dibahas di poin sebelumnya, bahwa Murai Batu Medan memiliki kombinasi warna coklat tua dan juga warna hitam.

  • Warna hitam dari Murai Batu Medan yang bagus akan terlihat sangat mengkilat. Terlebih lagi, jika Murai Batu Medan tersebut berada di bawah terik panas matahari. Warna hitam yang mengkilat tersebut akan menghasilkan efek warna yang sekilas nampak kebiru-biruan.
  • Ciri yang seperti ini membuat Murai Batu Medan semakin disukai karena keindahan warna bulunya yang pastinya memanjakan mata kita. Sehingga kamu wajib memilih yang seperti ini.

8. Warna Kaki Murai Batu Medan

Pada bagian kaki sangat jelas terdapat ciri-ciri Murai Batu Medan yang cukup khas. Warna yang indah akan dapat kamu lihat dari bagian kakinya. Untuk warna pada Murai Batu jenis Murai Batu Medan biasanya berwarna merah kecoklatan. Akan tetapi, terkadang ada juga yang bagian kakinya berwarna hitam.

  • Jangan lupa untuk memperhatikan ciri di bagian kakinya ini ya. Terutama jika kamu bermaksud ingin membeli Murai Batu Medan.
  • Silakan pilih warna kaki yang menurutmu paling pas untuk Murai Batu Medan kesukaanmu. Jika ingin yang unik, pilihlah yang berkaki merah-kecoklatan. Sedangkan untuk yang suka Murai Batu Medannya nampak ganas dan garang, pilih saja yang kakinya hitam.

9. Bentuk Kaki Murai Batu Medan

Murai Batu Medan yang sudah tergolong cukup tua, maka bentuk kakinya akan mengalami perubahan. Bentuk kaki pada Murai Batu Medan yang sudah tua biasanya akan melekuk seperti halnya bentuk belimbing. Sehingga ciri-ciri Murai Batu Medan yang termasuk unik dan khas ini dapat menjadi ukuran usia Murai Batu Medan secara fisik.

  • Umumnya, untuk Murai batu Medan yang sudah menampakkan ciri seperti ini sudah siap untuk dijadikan indukan. Sehingga jika kamu ingin membeli untuk indukan atau ternak Murai Batu Medan, maka astikan kamu membeli yang seperti ini. Supaya kamu tidak lama-lama menunggu usia matang untuk siap kawin.

Nah, sekarang kamu sudah mengetahui ke-sembilan ciri-ciri Murai Batu Medan yang asli dan bagus secara detail dan tepat. Jadi kamu tidak akan mudah tertipu saat akan membeli Murai Batu Medan. Jangan sampai gara-gara kamu tidak bisa membedakan Murai batu Medan dengan Murai Batu jenis lain, kamu jadi merugi.

Lihat dengan jeli 9 ciri-ciri Murai Batu Medan di atas tadi. Kalau perli kamu bisa mengajak teman atau saudaramu yang sudah fasih soal Murai Batu Medan. Jadi kamu bisa dapat pertimbangan yang matang soal bagus tidaknya Murai Batu Medan yag kamu taksir. Bagi kamu yang sudah memiliki Murai Batu Medan, penting juga bagimu untuk mengetahui treatment atau perawatan yang tepat untuk Murai batu Medan.

Perawatan yang baik bertujuan untuk menjaga agar Murai Batu Medan yang kamu miliki tetap memiliki bentuk badan dan postur yang baik serta performa yang jos. Khusus, untuk itu kamu bisa menyimak tips merawat Murai Batu Medan terbaik yang sebaiknya kamu lakukan pada burung kesayanganmu tersebut.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *