Lovebird Termahal di Dunia: Jenis, Harga & Penampakannya

Lovebird termahal di dunia, masak ada? Memangnya seberapa mahal dan juga seperti apa penampakaannya. Mungkin itu termasuk salah satu dari sekian banyak pertanyaan yang tiba-tiba terlontar. Ya, memang tidak ada salahnya. Sebab memang bagi pecinta lovebird, hal-hal seperti ini sangat menarik untuk diikuti.

Bukannya tanpa alsan, siapa tahu lovebird miliknya bisa jadi salah satu dari beberapa jenis lovebird termahal di dunia. Eits, tapi bukan hanya dari jenisnya saja, ada spek tertentu untuk ukurn si lovebird mahal atau tidak. Jadi jangan heran kalau jenis lovebird nya sama tetapi harganya jauh berbeda.

Nah, daripada penasaranmu jadi tambah tidak karuan, langsung saja kita bahas soal lovebird termahal di dunia yang mungkin belum pernh kamu dengar.

Spek Lovebird Termahal di Dunia

Tidak semua lovebird memiliki ciri khas atau spesifikasi fisik yang sama. Mulai dari bagian aatas sampai bagian bawah, semua harus dalam keadaan bagus. Tetapi untuk fisik yang prima tidaklah cukup, karena nilai lebihnya justru terletak pada warna dan kualitas bulu lovebird. Semakin lovebird itu memiliki warna yang langka, semakin mahal pula harganya.

Untuk lokal sendiri, warna lovebird yang blorok adalah yang langka. Saing langkanya, harga lovebird bisa sangat mahal. Bayangkan saja, harga untuk anakan saja bisa mencapai jutaan rupiah (biasanya sekitar 1-1,5 juta). Belum lagi kalau anakan dari indukan yang ngocehnya super sekali, bisa-bisa tembus 3-5 juta. Sedangkan untuk lovebird blorok dewasa bisa mencapai 10-15 juta.

Lalu bagaimana dengan yang jawara lomba? Wah wah wah, dijamin sangat mahal sekali. Biasanya tinggal enak atau tidaknya sewaktu bikin “deal” nya. Kalau lagi enak-enaknya bisa murah. Kalau lagi alot-alotnya, ya pasti mahalnya nggak ketulungan, bisa diatas 35 jutaan.

Jenis Lovebird Blorok Berharga Mahal

Lovebird blorok sendiri memiliki rentang harga umum seperti di atas. Namun pada kenyataannya dilapangan sering berubah-ubah, kadang kala bisa murah kadang kala bisa lebih mahal. Apalagi jika jenisnya sudah berbeda. Jadi mahal tidaknya si lovebird blorok juga tidak terbatas hanya yang penting “blorok saja”.

Ada beberapa jenis blorokan lovebird yang termahal dan paling diburu penggemar lovebird di Indonesia.

Urutan Lovebird Termahal di Indonesia

  1. Lovebird Blorok Hitam (Paling Mahal)
  2. Lovebird Blorok Biru (Sedang)
  3. Lovebird Blorok Hijau (Sedikit Mahal)

Ingat, yang diatas itu baru termahal di Indonesia. Kalau untuk ukuran dunia tent saja tidak hanya blorok saja. Ada beberapa jenis lagi. Tentunya tidak melulu soal warnanya. Spek utama yang harus ada adalah warna yang cantik, lama ngekek (tanpa jeda), dan juga kondisi fisik yang prima.

Nah, ini dia beberapa jenis lovebird termahal di dunia yang sejauh ini bisa dibilang raja-rajanya lovebird.

Daftar Lovebird Termahal di Dunia Sampai Sekarang

Lovebird Madagaskar

Lovebird Madagaskar

Lovebird madagaskar termasuk kedalam jenis lovebird dimorfik. Dimana perbedaan antara lovebird jantan dan betina nya sangat  mudah dibedakan. Artinya sebenarnya tidak susah untuk membudidayakannya, hanya saja lovebird madagaskar saat ini masih sangat jarang ditemui di Indonesia.

Alasannya klasik, harganya yang sangat mahal membuat burung ini sangat jarang dimiliki para kicau mania Indonesia. Satu ekor burung saja bisa puluhan sampai ratusan juta. Apalagi kalau jawara lomba, wih, bisa-bisa jual tanah kalau mau beli si lovebird termahal di dunia ini.

Perpaduan warna dari lovebird madagaskar sangat cantik. Sayapnya hijau tua dengan bulu dada yang berwarna hijau muda. Sedangkan bagian kepala memiliki warna putih bersih. Namun selain itu, ada yang unik lagi, yakni bagian paruhnya. Sekilas mirip dengan paruh burung hantu. Cantik sekali bukan?

Lovebird Merah

Lovebird Merah

Masih dari kalangan menengah ke atas, peringkat kedua lovebird termahal di dunia ditempati oleh lovebird merah. Eits, bukan lovebird yang ada warna merahnya ya. Tetapi ini lovebird dengan sekujur tubuhnya memiliki bulu berwarna merah menyala. Nah, yang seperti ini sangat jarang dijumpai di Indonesia. Kalau pun ada ya sudah pasti pemiliknya adalah orang-orang berantong tebal saja.

Bayangkan saja, untuk anakan si merah ini, rentang harganya sudah jutaan. Apalagi yang dewasa dan jawara lomba, tentu saja memiliki harga selangit. Satu hal yang membuat lovebird ini unik selain warna bulunya yang merah tunggal adalah paruhnya. Paruhnya memiliki warna kombinasi antara merah dan kuning. Sangat pas dengan warna bulunya yang merah menyala.

Lovebird Topeng Hitam / Lovebird Batman

Lovebird Batman dan Lovebird Topeng Hitam

Jenis lovebird yang satu ini mungkin sedikit banyak sudah mulai umum. Ciri khas dari lovebird ini sangat mudah dikenali, bahkan adri jarak jauh sekali pun. Iya, apa lagi kalau bukan karena kepalanya yang seolah-olah bertopeng. Lovebird ini memiliki warna hitam di kepala bagian depan. Kalau kalian pernah tahu zoro, ya ini jelmaan lovebirdnya.

Untuk spesies lovebird termahal di dunia berjenis topeng hitam ini secara umum dibagi menjadi dua jenis. Pertama jenis topeng hitam warna, kedua jenis topeng hitam batman. Topeng hitam warna memiliki warna tubuh yang berwarna-warni. Sedangkan topeng hitam batman memiliki warna tubuh dominan hitam dan putih. Sehingga berdasarkan penampakan fisiknya itulah, lovebird ini disebut lovebird batman.

Lovebird Halfsider

Lovebird Blorok Halfsider

Bagi kicau mania yang suka mengkoleksi lovebird unik, pastinya sangat tergiur untuk memiliki jenis yang satu ini. Bayangkan saja, kalau kita memiliki lovebird halfsider ini, seolah-olah kita seperti memiliki dua burung sekaligus. Sewaktu kita pandang dari sisi kanan warnanya beda dengan sisi kirinya. Jadi satu burung, tetapi memiliki separuh badan yang berbeda warna.

Wah, kalau yang satu ini mah jangan ditanya berapa harganya. Sangat bisa dipastikan bahwa untuk memiliki lovebird halfsider ini diperlukan dana yang besar. Jadi untuk kicau mania yang berkocek seadanya, siap-siap untuk kecewa. Dan kalau pun ada dana melimpah, lovebird termahal di dunia yang satu ini juga tidak bisa ditemukan dengan mudah. Kelangkaannya sangat tinggi. Jadi kalau di Indonesia, rasa-rasanya amat sulit menemukannya.

Lovebird Biola

Lovebird Biola

Lovebird biola termasuk yang cukup cantik dan mewah. Jika dilihat dengan seksama, akan ada ciri khas yang sangat cepat kamu kenali dari burung yang satu ini. Ya, jenis yang masuk dalam kategori lovebird termahal di dunia ini memiliki warna yang unik dan elegan. Separuh tubuh kebawah dan separuh tubuh ke atas beda warna. Perbedaan warna tersebut dimulai dari bagian dada. Bagian dada kebawah beda dengan bagian dada ke atas.

Jenis lovebird biola dengan segala macam kombinasinya tentu saja sangat menarik. Namun yang hari-hari ini sangat laku ada 3 jenis. Pertama adalah lovebird biola hijau-denger (hijau oranye). Kedua lovebird biola blue-white (Biru putih). Sedangkan yang ketiga adalah lovebird biola euwing (persilangan lovebird biola dengan lovebird euwing). Harga dari lovebird biola ini bisa mencapai jutaan bahkan puluhan juta.

Lovebird ParBlue

Lovebird Parblue

Satu dari sekian banyak jenis lovebird termahal di dunia yang sukar ditemui di Indonesia adalah parblue. Bukan hanya cantik secara fisik, namun juga memiliki kombinasi yang unik. Sekilas mirip lovebird biola, namun sedikit berbeda. Perpaduan warnanya dimulai dari leher ke atas dan leher ke bawah.

Umumnya perpaduan warna bagian atas adalah warna krem kekuningan dan bagian bawahnya berwarna biru keabu-abuan. Ada juga beberapa yang biru keabua-abuan dengan sedikit warna kuning krem. Biasanya yang berjenis ini sangatlah mahal harganya. Start harga mulai dari jutaan hingga puluhan juta. Tergantung anakan atau dewasa, jawara atau bukan.

Lovebird Blorok

Lovebird Blorok Hitam, Lovebird Blorok Biru, Lovebird Blorok Hijau

Sejauh ini jenis lovebird blorok adalah lovebird yang paling banyak dijumpai di Indonesia. Meski pun begitu, pasaran harganya juga tidak lantas jadi murah meriah. Justru jenis ini paling moncer harganya. Seperti yang sudah dibahas banyak di atas, harga pasaran salah satu dari lovebird termahal di dunia ini bisa tembus sampai puluhan atau ratusan juta rupiah.

Lovebird Albino

Lovebird Albino

Jika dari atas sampai bawah tadi membahas lovebird dengan berbagai warna, kali ini ada juga yang polos namun berharga tinggi. Ya, tidak lain dan tidak bukan adalah lovebird albino. Lovebird jenis ini memiliki warna khas seperti namanya, yakni putih bersih nan polos. Maka dari itu, tingkat kelangkaannya tergolong cukup tinggi. Jadi tidak heran jika lovebird albino termasuk lovebird termahal di dunia.

Meskipun begitu, jika dibandingkan dengan yang lainnya, lovebird albino masih tergolong kurang diminati. Mungkin karena warnanya yang monokrom. Sehingga bila dilihat kurang menarik dan membosankan. Padahal kalau tahu harganya, dijamin kamu tidak akan bosan melihat dan memamerkan burung ini. Harga untuk satu ekor lovebird albino bisa tembus hingga puluhan juta rupiah. Kenapa demikian, sebab dua indukan albino jika dikawinkan, belum tentu anakannya juga albino.

Jadi kira-kira seperti itulah beberapa lovebird termahal di dunia yang bisa dibilang sebagian besar masih langka. Namun, jika kamu ingin memilikinya, rasanya masih ada kemungkinan, salah satunya beternak lovebird sendiri. Opsi kedua kamu harus sabar, tidak mungkin lovebird seperti di atas harganya akan mahal selamanya. Semakin banyak jumlahnya di pasaran maka semakin terjangkau pula harganya. Tetapi kapan jumlahnya bisa banyak di pasaran? Tentu saja hanya Tuhan yang tahu. Hahaha.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *