Perawatan Kenari Mabung yang Tepat, Benar dan Cepat Selesai

Perawatan Kenari Mabung – Perawatan burung Kenari sebenarnya tidak terlalu susah. Burung jenis ini tergolong tidak mudah stress. Sehingga dalam merawatnya pun tidak terlalu merepotkan. Akan tetapi ada suatu kondisi yang mungkin dapat membuat para kicau mania menjadi khawatir, yaitu ketika burung Kenari mabung.

Mabung atau disebut juga dengan moulting merupakan kondisi dimana burung mengalami pergantian bulu. Saat mabung, biasanya burung memasuki masa cuti. Mereka akan mengurangi aktivitas seperti berkicau.

Perawatan Kenari mabung sendiri perlu diperhatikan dengan cermat dan hati-hati. Jika perawatan Kenari mabung dilakukan dengan asal-asalan, sangat mungkin kedepannya justru akan mendatangkan masalah.

Perawatan Kenari Mabung yang Baik dan Benar

Sebelum lebih jauh membahas tentang perawatan kenari mabung, kita harus mengenali beberapa ciri yang menunjukkan apakah kenari mabung atau tidak, serta faktor penyebabnya. Tujuannya supaya kita tahu pasti kapan saatnya kita melakukan tindakan untuk perawatannya. Jangan sampai kita telat atau bahkan mengabaikannya karena kekurangtahuan kita tentang gelagat mabungnya si kenari tersebut.

Ciri-Ciri Kenari Mabung

Mabung sebenarnya adalah proses alami yang terjadi pada burung. Saat mabung umumnya kenari akan menunjukkan beberapa ciri sebagai penandanya. Nah, sebagai kicau mania sebaiknya kamu mengetahui dan mencatat poin penting tentang ciri-ciri Kenari mabung berikut ini.

  • Kenari yang mabung biasanya akan malas berkicau dan lebih banyak diam.
  • Ciri yang paling terlihat adalah terjadinya kerontokan pada bulu Kenari.
  • Bulu-bulu ekor dan sayap biasanya terlihat kusut dan nyerit.
  • Pada tubuh Kenari tampak bulu-bulu muda yang baru tumbuh.
  • Kenari yang mabung membutuhkan tambahan nutrisi berupa vitamin dan protein selama masa mabung.

Faktor yang Mempengaruhi Kenari Mabung

Pada umumnya kenari mengalami mabung bukan tanpa sebab. ada beberapa faktor pemicu yang membuat kenari mabung. Kenari mabung disebabkan oleh adanya beberapa hal diantaranya sebagai berikut.

  • Umur. Kenari berusia muda biasanya akan mengalami masa mabung yang relatif lama. Sedangkan burung Kenari yang sudah berusia tua akan mengalami proses mabung yang cenderung lebih cepat. Hal ini dikarenakan Kenari tua sudah sering mengalami mabung berulang kali.
  • Faktor cuaca yang kurang baik juga dapat menyebabkan Kenari mabung.
  • Faktor lingkungan. Jika pada satu lingkungan kandang terdapat satu Kenari yang mabung, hal tersebut dapat menyebabkan Kenari lain ikut mabung.
  • Faktor hormon. Hormon yang tidak stabil ketika Kenari sedang birahi juga bisa menjadi penyebab Kenari mabung.

Perawatan Kenari Mabung Agar Cepat Selesai

Pada umumnya masa mabung dari kenari berkisar antara 5 sampai 8 minggu. Akan tetapi, terdapat Kenari yang masa mabungnya juga lebih lama. Untuk itu, perawatan Kenari mabung perlu dilakukan dengan tepat, agar proses mabung cepat selesai. Jika Kenari kesayanganmu sedang mabung, lakukan perawatan berikut ini.

  • Pertama, tempatkan Kenari yang sedang mabung di lokasi yang tenang dan sepi. Jauhkan dari segala aktivitas manusia dan berbagai gangguan lain seperti binatang lain, hal ini bertujuan agar Kenari tidak terganggu.
  • Saat Kenari mabung, usahakan agar tetap mengerodongi sangkar burung. Hal ini bertujuan agar suhu dalam sangkar tetap stabil dan bulu cepat rontok. Di samping itu, Kenari juga dapat lebih fokus untuk menuntaskan proses mabungnya.
  • Selanjutnya kamu juga dapat mengangin-anginkan Kenari sekali-kali di ruangan yang terbuka. Supaya kenari tidak kesepian di dalam kerodong terus.
  • Usahakan untuk tidak memperdengarkan suara burung lain, dan hindarkan Kenari dari suara binatang atau burung lain.
  • Sebaiknya kamu tidak usah memandikan Kenari saat sedang dalam proses mabung. Tunggu saja sampai bulu-bulu jarum mulai terlihat baru dimandikan.
  • Sebaiknya tidak menjemur Kenari yang sedang mabung. Tunggu dulu sampai bulu-bulu jarum mulai terlihat.
  • Pemberian pakan pada Kenari mabung dapat berupa kuning telur, kecambah, sayuran, apel, vitamin tambahan, dan lainnya.
  • Berikan tambahan pakan pada Kenari yang sedang mabung, khususnya tambahan extra fooding (EF). Hal ini dikarenakan saat proses mabung berlangsung, Kenari membutuhkan nutrisi yang banyak untuk membantu pertumbuhan bulu baru. Penambahan protein sangat diutamakan untuk mempercepat proses tumbuhnya bulu baru.
  • Berikan extra fooding (EF) alami berupa sayuran atau buah-buahan, seperti apel, pir, sawi hijau, sawi putih, selada, gambas, ketimun, dan jenis sayuran lain.
  • Berikan extra fooding (EF) alami yang mengandung protein tinggi seperti telur puyuh dan kroto. Telur puyuh dapat kamu berikan sebanyak 3 kali seminggu. Sedangkan kroto dapat kamu berikan sebanyak 1 sendok makan satu kali seminggu. Protein tinggi dapat membantu mempercepat tumbuhnya bulu baru berupa bulu-bulu jarum.
  • Jika bulu-bulu jarum mulai terlihat tumbuh, akan lebih baik jika kamu melakukan pemasteran. Inilah saat yang tepat untuk memaster burung Kenari kesayanganmu. Karena saat sepperti itulah saat dimana Kenari sedang fokus, sehingga kenari cepat belajar.
  • Kamu dapat melakukan pemasteran dengan menggunakan suara burung kicau yang sudah gacor, seperti gacoran blackthroat, gereja tarung, atau kenari lain yang sudah gacor.

Hal-Hal yang Harus Dihindari Saat Kenari Mabung

Saat Kenari sedang mabung, kita harus memperhatikan perlakuan yang akan kita berikan kepada Kenari tersebut. Jika perawatan kenari mabung sampai salah, hal tersebut justru akan memungkinkan datangnya masalah baru terhadap Kenari kesayanganmu. Berikut ini ada beberapa hal yang perlu kamu hindari saat mendappati Kenari sedang mabung.

1. Memandikan Kenari Saat Mabung

Salah satu perawatan burung yang baik adalah dengan memandikannya secara rutin. Akan tetapi, hal ini berbeda dengan perlakuan yang seharusnya kamu berikan saat burung sedang mabung. Diluaran banyak beredar anggapan bahwa Kenari yang mabung harus rutin dimandikan. Kenyatannya anggapan ini justru tidak tepat.

Pemandian pada kenari hanya boleh dilakukan pada Kenari yang sehat dan tidak sedang mabung. Jika kamu nekat memandikan Kenari saat mabung dan merontokkan bulu-bulunya, hal tersebut justru akan menghambat proses mabung itu sendiri. Bahkan faktanya justru malah membuat mabung tidak cepat selesai dengan tuntas.

2. Menjemur Kenari Saat Mabung

Seperti halnya memandikan, menjemur burung juga perlu dilakukan. Akan tetapi, penjemuran hanya dianjurkan pada burung yang normal, sehat, dan tentunya saat tidak sedang mabung. Faktanya burung tidak memerlukan bantuan sinar matahari saat merontokkan bulu-bulunya. Sehingga, penjemuran tidak perlu dilakukan saat burung mabung.

Sebailknya, saat Kenari kesayanganmu mabung, letakkanlah di tempat yang teduh dan agak lembab. Kelembaban dapat membantu proses perontokan bulu-bulu lama pada Kenari. Bahkan, jika pun bulu-bulu jarum sudah tumbuh, jangan langsung menjemur Kenari milikmu. Lebih baik cukup diangin-anginkan saja terlebih dahulu.

Apabila kamu nekat menjemur Kenari, hal ini justru bisa menimbulkan dampak yang lebih buruk. Misalnya pertumbuhan bulu yang tidak sempurna atau kelainan pada bulu bisa terjadi. Kelainan yang terjadi diantaranya seperti bulu yang kering, cepat rusak, atau bahkan bulu melintir.

3. Membiarkan Kenari Sering Berkicau Saat Mabung

Kesalahan yang sering dilakukan penghobi Kenari adalah membiarkan Kenari sering berkicau saat sedang mabung. Membiarkan Kenari kesayangan tetap berkicau selagi mabung akan justru akan mengganggu dan menghambat proses mabung.

Hal tersebut bisa berdampak pada kurang maksimalnya proses perontokan bulu lama. Sehingga akibatnya proses mabung menjadi lebih lama selesainya. Sebaiknya buat agar kondisi Kenari menjadi drop saat mabung. Hal ini bertujuan agar ia lebih fokus dalam menuntaskan masa mabungnya.

Selain itu hindarkan Kenari dari kondisi birahi saat mabung. Kondisi birahi dapat memicu kenari untuk terus berkicau dan bergerak atraktif. Sebaiknya atur makanannya supaya birahi tidak datang saat kondisi mabung belum selesai.

4. Memberikan Pakan dengan Protein Berlebihan

Pakan dengan kandungan protein tinggi memang dibutuhkan saat Kenari sedang mabung. Akan tetapi kandungan protein yang terlalu tinggi justru tidak baik bagi Kenari saat mabung. Jadi sebaiknya kadar atau kandungan proteinnya diberikan pada porsi yang sesuai.

Berikan pakan dengan kadar protein yang sesuai yaitu antara 16-20%. Pemberian kadar protein yang terlalu tinggi sampai 30% atau lebih justru akan membuat Kenari mudah birahi. Kenari yang birahi akan menjadikannya rajin berkicau. Hal tersebut akan menghambat proses mabung dan bahkan tidak selesai-selesai.

5. Full Kerodong Sangkar Kenari Mabung

Saat Kenari mabung, kita perlu mengerodongi sangkar jika kondisinya mengharuskan. Misalnya saja saat suhu sedang berubah-ubah atau cuaca sedang kurang bagus. Akan tetapi, jangan melakukan full kerodong secara terus-menerus. Sesekali kerodongan juga perlu untuk dibuka.

Selain itu kamu harus tetap memperhatikan kebersihan sangkar kenari. Jangan sampai kamu tidak membersihkan sangkar dari kotoran burung karena terus-menerus mengerodongi sangkarnya. Sebab jika tidak dibersihkan, burung bisa mengalami keracunan gas ammonia dari penumpukan kotoran dalam sangkarnya. Oleh sebab itu penting untuk kita terus membersihkan sangkarnya setiap hari.

Jika kamu menjalankan tips perawatan kenari mabung di atas maka proses mabung akan cepat selesai. Terutama untuk kenari yang masih muda atau yang baru mengalami masa mabung yang pertama. Lakukan dengan telaten dan juga penuh kesabaran.

Jangan lupa hindari beberapa hal yang perlu dihindari. Khususnya saat kenari kesayanganmu sedang mabung. Selebihnya jika sudah kembali normal, kamu bisa melakukan perawatan kenari rutinan yang biasa kamu lakukan. Baik itu pemandian, penjemuran, pemasteran atau ternakan.

2 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *