Perbedaan Cucak Ijo Kalimantan dan Banyuwangi dan 7 Hal yang Wajib Kamu Ketahui

Perbedaan Cucak Ijo Kalimantan dan Banyuwangi sekilas memang nampak kurang jelas bagi sebagian kicau mania. Namun bagi sebagian kicau mania lainnya, ciri-cirinya amat jelas berbeda. Hal ini sangat lumrah mengingat Cucak Ijo sendiri memiliki 5 jenis yang berbeda. Diantara yang cukup populer adalah Cucak Ijo Kalimantan dan Banyuwangi.

Burung Cucak Ijo secara umum termasuk salah satu burung kicau yang paling populer dikalangan kolektor burung saat ini. Hal yang menjadi daya tarik utamanya terletak pada suara kicauannya yang khas. Selain itu burung cantik ini juga memiliki daya tarik lain, yaitu banyaknya ragam atau jenis dari burung tersebut yang memiliki ciri khas masing-masing.

Nah, daya tarik yang kuat salah satunya adalah harga jual dari burung ini. Khusus untuk Cucak Ijo Kalimantan dan Banyuwangi bisa dibilang harga jualnya cukup tinggi. Oleh sebab itu banyak yang rela membeli untuk diternakkan dan anakannya dijual kembali.

Banyak orang menggeluti bisnis seperti ini sekarang. Mungkin kamu juga harus mencobanya. Ya siapa tahu kamu bisa mendapatkan hasil yang memuaskan. Tapi kalau kamu ingin dapat untung yang banyak, ternakkan saja Cucak Ijo Banyuwangi. harganya paling tinggi.

Maslahnya kamu sudah tahu belum bagaimana cara membedakan antara keduanya? Oke, begini saja kalau kamu belum tahu bagaimana cara membedakan Cucak Ijo Kalimantan dan Banyuwangi ikuti tips dibawah ini.

7 Perbedaan Cucak Ijo Kalimantan dan Banyuwangi

Diantara jenis Cucak Ijo lainnya, jenis Kalimantan dan Banyuwangi lah yang cukup terkenal. Salah satu faktor penyebabnya adalah karena bentuk dan warna tubuhnya yang indah serta khas.

Selain itu suara kicauannya yang terdengar lantang dan gacor adalah modal utama untuk mendongkrak nilai jualnya. Apalagi jika Cucak Ijo tersebut menjadi jawara lomba kicau. Wah, bisa panen banyak duit kita.

Khusus untuk kamu yang ingin tahu perbedaan Cucak Ijo Kalimantan dan Banyuwangi, langsung saja simak 7 perbedaan keduanya yang bisa kamu jadikan patokan sebelum membeli.

1. Perbedaan Cucak Ijo Kalimantan dan Banyuwangi dari Postur Tubuh

Salah satu perbedaan Cucak Ijo Kalimantan dan Banyuwangi bisa kamu lihat dari bentuk postur tubuhnya. Ada ciri yang khas diantara kedua jenis Cucak Ijo ini. Jika kamu teliti dan jeli, kamu akan menemukan beberapa perbedaan seperti ini.

  • Dibandingkan jenis Cucak Ijo Kalimantan, Cucak Ijo Banyuwangi memiliki bentuk tubuh yang relatif lebih panjang.
  • Fisik tubuhnya pun tampak lebih lentur, sehingga jika kita amati dengan seksama akan terlihat sedikit melengkung.
  • Sedangkan untuk yang jenis Kalimantan, umunya mempunyai postur tubuh yang lebih pendek dan bentuk fisik yang lurus.

Jika kamu melihat dari segi ostur tubuhnya, kamu akan segera mengetahui dengan jelas perbedaannya. Bahkan jika kamu sudah terbiasa, maka kamu akan lebih mudah membedakannya walau hanya sekilas pandang saja.

2. Perbedaan Cucak Ijo Kalimantan dan Banyuwangi Saat Ngerol

Selain dari postur tubuh, kita juga bisa melihat perbedaan Cucak Ijo Kalimantan dan Banyuwangi saat sedang dalam kondisi ngerol. Ngerol adalah kemamuan yang ditunjukkan burung kicau saat berkicau secara sambung menyambung. Jadi seolah kicauannya lama dan tidak putus-putus.

  • Jenis Cucak Ijo Banyuwangi menunjukkan ciri khas yang lain daripada jenis yang lain. Saat ngetrol biasanya Cucak Ijo Banyuwangi akan menaikan jambulnya.
  • Sekilas adegan tersebut menunjukkan bahwa Cucak Ijo Banyuwangi lebih terlihat atraktif dan gentle dariada Cucak Ijo Lainnya.
  • Sedangkan hal ini tentunya tidak akan kita jumpai pada jenis Cucak Ijo Kalimantan.
  • Sebab walaupun sedang ngerol ataupun tidak, Cucak Ijo jenis ini akan tetappp tetap sama dan tidak akan menunjukkan jambulnya.

Sebagian orang juga menilai bahwa Cucak Ijo yang bisa menjenggerkan jambulnya terlihat lebih indah dan juga menawan. Mungkin ini pula yang menjadi alasan, kenapa sebagian orang lebih memilih jenis Cucak Ijo Banyuwangi daripada Cucak Ijo Kalimantan.

3. Perbedaan Cucak Ijo Kalimantan dan Banyuwangi dari Warna Tubuh

Selanjutnya kamu juga bisa menyaksikan perbedaan Cucak Ijo Banyuwangi dan Kalimantan dari warna tubuhnya. Seperti namanya, warna yang dominan dari burung ini adalah hijau. Namun jika kita amati lebih detail, terdapat perbedaan warna pada masing-masing jenis Cucak Ijo.

  • Misalnya untuk jenis Cucak Ijo Banyuwangi, bulunya cenderung berwarna hijau tua atau hijau gelap.
  • Sedangkan untuk jenis Cucak Ijo Kalimantan memiliki warna hijau yang terang sampai hijau kekuning-kuningan.

Jadi untuk menemukan warna tersebut sebaiknya kamu harus benar-benar teliti saat mengamatinya. Kalau perlu kamu bisa membandingkan langsung antara keduanya secara bersamaan.

4. Perbedaan Cucak Ijo Kalimantan dan Banyuwangi dari Karakteristik Ekornya

Selain dari ciri-ciri sebelumnya, bentuk ekor kedua nya pun juga bisa dijadikan pembeda. Diantara dua jenis Cucak Ijo ini berbeda karakteristik ekornya.

  • Jenis Cucak Ijo Banyuwangi memiliki ekor yang lebih panjang dan terkesan lentur (tidak kaku).
  • Selain itu bulu-bulu di ekornya terlihat lurus dan tidak melengkung.
  • Sedangkan untuk yang Kalimantan adalah kebalikannya. Ukuran dari ekornya terlihat lebih pendek, namun tampak lebih lentur dibandingkan Cucak Ijo Banyuwangi.
  • Nah, dari sifatnya yang lentur tersebut sekilas membuat ekornya terlihat lebih melengkung.

Sebagai saran saja, sebaiknya selain melihat kamu juga bisa mencoba memegangnya. Sebab terkadang jika hanya mengandalkan penglihatan, agak sulit membedakannya. Beda halnya saat kamu memegangnya secara langsung.

Sehingga dengan memegangnya langsung maka kamu bisa merasakan apakah ekornya termasuk lentur atau kaku. Jadi proses membedakannya tentu saja akan jauh lebih mudah.

5. Perbedaan Cucak Ijo Kalimantan dan Banyuwangi dari Suara Kicauannya

Nah, yang berikutnya bukanlah perbedaan secara anatomi tubuh, tetapi dari segi suara kicauannya. Jika kita bandingkan dari karakter kicauannya, sepertinya burung Cucak Ijo Banyuwangi lebih unggul.

  • Cucak Ijo Banyuwangi memiliki tipe suara yang lebih variatif. Irama dari suara yang dihasilkan terdengar lebih panjang.
  • Karakter kicauan dari Cucak ijo jenis Banyuwangi bahkan akan semakin jelas terlihat saat burung ini diadu dalam suatu ajang perlombaan.
  • Nah, untuk jenis Kalimantan adalah kebalikan dari jenis Banyuwangi. Memang dari segi kicauan (menurut penilaian sebagian orang) jenis ini berada satu level di bawah Banyuwangi.
  • Sebab karakter kicauannya terdengar lebih monoton, kurang variatif dan itu-itu saja.
  • Irama nadanya pun terdengar lebih pendek.

Namun satu hal yang juga perlu kita ketahui, bahwa karakter suara burung Cucak Ijo itu dibentuk dari pelatihan dan perawatan yang baik. Jadi bisa saja, Cucak Ijo Kalimantan yang dilatih dengan baik, akan lebih unggul dibandingkan jenis Banyuwangi yang tidak terlatih.

Maka untuk membedakan dua jenis Cucak Ijo ini dari segi suaranya memang cukup sulit. Sebab selain harus peka saat mendengarkan, kamu juga wajib untuk menggali informasi tentang latar belakang dari burung tersebut. Apakah burung tersebut sudah terlatih, atau belum terlatih.

6. Perbedaan Cucak Ijo Kalimantan dan Banyuwangi Berdasarkan Posisi Saat Berkicau

Selain dari suara kicauannya, kamu juga bisa mengamati dari perbedaan posisi kedua burung tersebut saat sedang berkicau. Artinya kamu harus mengamati setiap gerak-gerik dari burung tersebut saat sedang bersuara.

  • Cucak Ijo jenis Banyuwangi, biasanya terlihat lebih atraktif gerakannya. Burung ini memang tidak akan diam di tempat saat berkicau.
  • Cucak ijo Banyuwangi akan aktif berpindah-pindah posisi, atau minimal menggerakan anggota badannya yang lain.
  • Sedangkan untuk jenis cucak Ijo Kalimantan, pada umumnya tidak seatraktif cucak Ijo Banyuwangi.
  • Burung ini biasanya tidak banyak bergerak, bahkan akan cenderung diam di tempat saat berkicau.

Jadi kamu harus memperhatikan perbedaan tersebut dengan seksama. Terutama untuk setiap pergerakan dari kedua Cucak Ijo ini. Setelah kamu cek menggunakan cir-ciri di atas, maka kamu akan menemukan perbedaannya.

7. Perbedaan Cucak Ijo Kalimantan dan Banyuwangi Berdasarkan Standar Harga

Mungkin dari sekian banyak perbedaan tadi, perbedaan yang terakhir ini bisa jadi yang banyak ditunggu-tunggu. Secara umum jika dibandingkan yang jenis Cucak Ijo Kalimantan, burung Cucak Ijo Banyuwangi memiliki harga yang relatif lebih mahal.

Hal ini tentu sebanding dengan kualitas dari burung tersebut. Menurut penilaian dari beberapa pengamat burung, Cucak Ijo banyuwangi memang lebih diunggulkan. Terutama dari keunikan yang merupakan bagian dari ciri-ciri sebelumnya tadi.

Berikut ini adalah kisaran dan juga daftar harga dari kedua jenis burung Cucak Ijo berdasarkan data yang terbaru.

Jenis Cucak Ijo Kalimantan

  • Cucak Ijo Kalimantan Bakalan: 550 ribu – 750 ribu-an.
  • Cucak Ijo Kalimantan Dewasa: 650 ribu – 1 juta-an.
  • Cucak Ijo Kalimantan Prestasi: 1 juta – 3 juta-an.

Jenis Banyuwangi

  • Cucak Ijo Banyuwangi Bakalan: 800 ribu – 1,2 juta-an.
  • Cucak Ijo Banyuwangi Dewasa: 1 juta – 2,5 juta-an.
  • Cucak Ijo Banyuwangi Berprestasi: 1,5 juta – 5 juta-an.

Nah, dari harganya dia atas saja sudah beda, bukan? Maka terkadang harga pun juga bisa kamu jadikan patokan tambahan untuk membedakan dua jenis Cucak Ijo ini. oleh sebab itu, sebaiknya saat membeli kamu terlebih dahulu menanyakan langsung kepada penjualnya.

Namun akan jauh lebih baik lagi jika kamu mencari tahu dahulu harga asarannya yang terbaru. Supaya kamu selalu update terkait harga dan tentunya tidak ketinggalan info terbaru seputar Cucak Ijo secara umum.

Semoga beberapa tips dan informasi lengkap mengenai 7 perbedaan Cucak Ijo Kalimantan dan Banyuwangi di atas bisa kamu pahami. Jadi saat akan membeli burung ini kamu akan lebih jeli dalam memilih. Jangan sampai tergiur harga lalu malah membeli jenis yang salah.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *