Perbedaan Kenari Jantan dan Betina Lengkap [99% Akurat]

Secara umum, bisa dibilang bahwa burung kenari saat ini termasuk salah satu daya tarik utama yang membuat orang-orang menyukai burung kicau. Sebab kenari sendiri sudah menjadi koleksi wajib yang pastinya dimiliki oleh para pecinta burung. Baik untuk dipelihara, diternakan, maupun dijadikan burung masteran.

Hal ini wajar saja, sebab burung kenari terkenal memiliki suara kicauan yang khas dan lantang. Sehingga kenari sangatlah cocok untuk dijadikan burung masteran. Kicauannya bisa dibilang ampuh untuk melatih kicauan bermacam jenis burung lainnya.

Jenis kenari yang memiliki suara kicauan yang lebih gacor adalah yang kenari dengan jenis kelamin jantan. Maka sebaiknya jika kamu menginginkan kenari sebagai masteran, jangan salah pilih yang berjenis kelamin betina ya. Sebab jika kamu menggunakan yang betina, tentu saja hasil masterannya tidak akan maksimal.

Nah, celakanya, kebanyakan orang termasuk kicau mania, hingga saat ini masih bingung bagaimana cara membedakan jenis kelamin kenari jantan dan betina. Apalagi orang awam yang ingin mulai hobi burung dan kicau mania yang masih pemula. Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini, kami akan membagikan informasi lengkap mengenai perbedaan kenari jantan dan betina.

Perbedaan Kenari Jantan dan Betina Berdasarkan Beberapa Ciri

Memang cara membedakan jenis kelamin kenari bisa dilakukan dari beberapa sudut pandang, baik itu secara fisik, perilaku, maupun suara kicauannya. Jadi bisa saja setiap orang memiliki cara masing-masing dalam membedakannya. Itu sah-sah saja, asal caranya tepat dan sesuai dengan prosedur yang dibenarkan. Nah, berikut ini beberapa perbedaan kenari jantan dan betina, dilihat dari beberapa sudut pandang.

1. Berdasarkan Ciri-ciri Fisik Kenari

Jika dilihat dari ciri fisiknya, kenari akan sangat mudah dibedakan jenis kelaminnya. Sebab dari kedua jenis kelamin kenari, terdapat perbedaan mencolok antara jantan dan betinanya. Berikut ini ada beberapa ciri fisik yang dapat kamu jadikan patokan dalam menentukan jenis kelamin kenari.

Ciri Fisik Pada Kenari Usia 3-7 Hari

Sebenarnya membedakan kenari akan lebih mudah saat menginjak usia dewasa. Namun bukan berarti kamu tidak bisa membedakan jenis kelaminnya saat masih anakan. Pada usia 3-7 hari, perbedaan jenis kelamin kenari terletak pada ada tidaknya garis merah yang melintang dari bawah perut, hingga ke arah dubur.

Jika ada, berarti anakan kenari itu berjenis kelamin jantan, sedangkan jika tidak ada berarti betina. Garis merah tersebut adalaah pembuluh vena yang ada pada tubuh kenari.

Ciri Fisik Berdasarkan Posisi Mata Kenari

Selanjutnya kita bisa mengamati pada posisi matanya. Memang terdapat perbedaan yang jelas antara kenari jantan dan betina, jika dilihat dari posisi matanya. Untuk yang jantan, letak kedua matanya akan relatif sejajar dengan paruhnya. Nah, untuk yang betina sendiri kedudukan dua matanya lebih diatas paruhnya. Membedakan kelamin kenari dari posisi mata sudah bisa kamu lakukan saat kenari masih berupa anakan.

Bentuk Kepala dari Burung Kenari

Selanjutnya kamu bisa melihat dari bentuk kepalanya. Untuk yang jantan, bentuk kepalanya lebih cenderung cepak. Sedangkan yang betina akan terlihat lebih membulat

Bentuk Raut Wajah yang Dimiliki oleh Kenari

Berikutnya kita cermati raut wajah dari kenari. Seperti halnya pada burung kicau pada umumnya, raut wajah yang jantan akan terlihat lebih garang. Berbeda dengan yang betina, yang lebih menampakan kesan lugu, imut dan cantik. Namun jangan jadikan pedoman pokok, harus mempertimbangkan juga ciri-ciri yang lain. Sebab persepsi orang-orang tentang gambaran raut wajah pasti berbeda.

Bentuk Postur Tubuh Kenari

Ukuran tubuh kenari jantan biasanya lebih besar dan gagah daripada yang betina. Hal ini akan sangat jelas terlihat pada kenari yang dewasa, sedangkan untuk yang masih anakan akan sedikit sulit.

Ciri Fisik Dilihat dari Bentuk Kaki Kenari

Bentuk dan ukuran kaki juga bisa kamu jadikan cara untuk membedakan jenis kelamin burung kenari. Untuk yang berjenis kelamin betina, bentuk kakinya biasanya lebih ramping dan tidak terlihat kokoh. Ukurannya pun relatif lebih pendek. Lain halnya dengan yang jantan yang tampah lebih besar dan kokoh. Dibandingkan dengan yang betina, ukuran kakinya akan terlihat lebih panjang.

Perhatikan Bentuk Selangkangan Kenari

kamu juga bisa mengamati bentuk selangkangan kenari untuk membedakan kelaminnya. Selangkangan pada kenari jantan terlihat lebih rapat daripada yang betina.

Melihat Bentuk Kloaka / Dubur Kenari

Cara ini dinilai menjadi yang paling mudah dan akurat. Sebab akan sangat terlihat perbedaannya antara kenari jantan dan betina. Cara membedakannya cukup mudah, pertama kamu harus menangkap burung kenari tersebut. Selanjutnya sibakan bulu yang menutup bagian duburnya. Untuk memudahkan penyibakan bulu, sebaiknya kamu menggunakan air untuk membasahi tanganmu. Setelah tersibak, amati dengan seksama bentuk duburnya.

Jika kenari yang kamu pegang berkelamin jantan, maka bentuk kloaka atau duburnya akan terlihat menonjol vertikal ke atas. Sedangkan untuk yang betina akan terlihat rata dengan permukaan perutnya.Dengan mengamati bagian ini, akan jelas perbedaan kenari jantan dan betina.

2. Berdasarkan Perilaku / Gerak-gerik dan Suara Kenari

Selain dari postur fisik yang sudah jelas terlihat perbedaannya, kamu juga bisa membedakan jenis kelamin burung kenari berdasarkan perilaku, gerak-gerik, dan juga suara kicauannya. Cara ini bisa kamu gunakan saat ingin membeli masteran untuk burungmu. Jika kamu sedang memperhatian kicauan kenari, kamu wajib fokus pada beberapa perbedaannya seperti di bawah ini.

Suara Saat Kenari Sedang Lapar

Untuk anakan kenari yang kelaparan, pasti akan mencit-cit untuk memanggil induknya agar memberinya makan. Nah, saat posisi inilah kamu bisa mengamati suara jeritannya, untuk membedakan jenis kelaminnya. Umumnya suara jeritan anak kenari jantan akan terdengar lebih keras daripada yang betina. Jadi disini butuh kepekaan dalam mendengarnya.

Posisi Cakar Saat Mencengkram

Umumnya di setiap sangkar kenari pasti akan disediakan kayu untuk tangkringan. Selain sebagai tempat nongkrong kenari, ternyata kayu tersebut juga bisa kamu gunakan untuk membedakan kelamin kenari. Caranya amatilah cekraman cakar kenari saat bertengger di kayu. Kenari jantan biasanya memiliki cengkraman yang lebih kuat daripada betina. Namun lagi-lagi ini jangan kamu jadikan pedoman mutlak dalam menentukan jenis kelamin kenari, ya. Harus dengan pertimbangan yang lainnya.

Kebiasaan Gerak-Gerik Kenari

Selanjutnya kamu bisa mengamati setiap gerak-gerik dari kenari milikmu. Biasanya untuk kenari jantan akan terlihat lebih aktif, giras dan agresif. Sedangkan yang betina, tidak seagresif yang jantan. Bahkan kebanyakan akan menghabiskan waktunya dengan berdiam diri di tempat. Ini akan semakin jelas saat kenari dalam kondisi lapar, sebab biasanya kicauan lapar si jantan terdengar lebih energik daripada yang betina.

Suara Irama dan Kicauan Kenari

Suara irama kicauan kenari juga bisa dijadikan standar patokan untuk membedakan jenis kelaminnya. Untuk jenis kenari jantan memang memiliki kicauan yang lantang dan lebih gacor. Irama yang dikeluarkannya pun variatif, tidak monoton. Lain halnya dengan yang betina yang jarang mengeluarkan kicauan. Kalaupun berkicau tidak akan selantang yang jantan. Irama yang dikeluarkannya pun terdengar sangat monoton.

Inilah salah satu alasan kenapa kenari jantan yang biasanya dilombakan. Sebab suara kicauannya terdengar indah, lantang dan variatif. Sehingga enak didengar. Inilah salah satu cara untuk menemukan perbedaan kenari jantan dan betina, yang bisa dengan mudah dilakukan.

Cara Kenari Bertarung

Dengan wajahnya yang lebih garang dan postur tubuhnya yang terlihat gagah, membuat kenari jantan memiliki keberanian untuk bertarung. Apalagi saat mentalnya sudah terlatih. Tentu dia akan menanggapi setiap rangsangan yang ditunjukan kepadanya, seperti suara, bahkan kontak fisik. Nah, lain halnya dengan yang betina, yang memiliki mental yang kendor. Sehingga tidak akan terlalu ngotot saat akan beradu kicauan dengan burung lainnya.

Nah, itu tadi adalah informasi lengkap mengenai perbedaan kenari jantan dan betina yang bisa dilihat dari berbagai sudut pandang, baik fisik, perilaku maupun suara. Harapannya setelah kamu membaca artikel tadi, kamu menjadi cukup pandai dalam membedakan jenis kelamin kenari yang jantan dan betina.

Ciri-ciri di atas juga bisa dijadikan rujukan untuk memilih kenari yang akan kamu beli dari orang lain. Jadi kamu tidak perlu merasa ragu tertipu atau dimanfaatkan oleh penjual burung yang nakal. Sebab cara di atas keakuratannya mencapai 99%. Asal kamu teliti dalam mengamati, maka kamu akan mampu membedakan antara kenari jantan dan betina dengan mudah dan akurat.

2 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *