20 Perbedaan Lovebird Jantan dan Betina 99% Akurat

Perbedaan lovebird jantan dan betina seringkali sulit untuk ditemukan. Sehingga tak jarang para penggemar lovebird salah dalam menerka jenis kelamin burung yang diincarnya. Terlebih lagi untuk kicau mania yang masih pemula dalam hal hobi burung. Jangankan untuk mengetahui perbedaan lovebird jantan dan betina, jenis lovebird yang diincarnya saja mungkin juga tidak tahu.

Maka dari itu, supaya tidak salah dalam membeli lovebird incaranmu, minimal kamu harus tahu perbedaan lovebird jantan dan betina nya. Supaya nanti setelah membelinya, kamu bisa menghasilkan ternakan lovebird. Jangan sampai membeli lovebird sepasang jantan semua, atau sepasang betina semua. Jadi sebagai penggemar lovebird, kamu wajib tahu tentang 20 perbedaan lovebird jantan dan betina berikut ini.

Perbedaan Lovebird Jantan Dan Betina Berdasarkan Jenis

Perlu kita ketahui bersama, bahwa tidak semua jenis lovebird memiliki ciri yang membedakan lovebird jantan dan betina dengan jelas. Ada beberapa yang samar, bahkan sedikit sulit untuk diketahui jenis kelaminnya. Pada umumnya dan dalam beberapa kasus, ada 3 jenis lovebird yang dikelompokkan (berdasarkan taksonomi nya) dalam hal kesulitan melihat jantan dan betinanya.

Kelompok Dimorfik (Sangat Mudah Dibedakan Jenis Kelaminnya)

Lovebird dengan kelompok dimorfik tergolong sangat mudah untuk membedakan jantan dan betinanya. Bahkan hanya dengan melihat kondisi fisiknya saja sudah terlihat jelas. Sehingga siapa saja akan cepat mengenali mana lovebird jantan dan betinanya. Beberapa jenis loebird dimorfik diantaranya adalah:

  • Lovebird Madagaskar / Agapornis cana
  • Lovebird Muka Merah / Agapornis pullaria
  • Lovebird Abisinia / Agapornis taranta

Kelompok Intermediate (Sedikit Sulit Dibedakan Jenis Kelaminnya)

Nah, untuk kelompok kedua ini tergolong susah-susah gampang. Sebab kita tidak bisa melihat perbedaan lovebird jantan dan betina nya hanya dari fisiknya saja. Terkadang jika dilihat dari fisik seperti betina, ternyata jantan, atau sebaliknya. Maka dari itu perlu adanya perlakuan khusus di tahap lanjutan. Jenis intermediate biasanya terdapat pada jenis:

  • Lovebird Black Collared / Agapornis swinderniana

Kelompok Kaca Mata (Sangat Sulit Dibedakan Jenis Kelaminnya)

Kelompok lovebird ini sebagian besar termasuk kedalam jenis lovebird termahal di dunia. Tetapi ada kelompok ini sangat sulit untuk diketahui perbedaan lovebird jantan dan betina nya. Karena dari fisik sangat sulit diidentifikasi. Bahkan untuk tahap lanjut, jika kurang jeli, maka kita bisa tertipu dengan ciri-cirinya. Jadi kunci dan tantangan untuk mngetahui jenis kelamin burung ini adalah pada kejelian kita dalam mengamati detailnya. Lovebird jenis ini antara lain adalah:

  1. Lovebird Topeng / Agapornis personata
  2. Lovebird Fischer / Agapornis ficheri
  3. Lovebird Nyasa / Agapornis lilianae
  4. Lovebird Pipi Hitam / Agapornis nigrigenis

Setelah kita mengetahui ketiga jenis lovebird berdasarkan tingkat kesulitan membedakan kelaminnya, sekarang kita sudah bisa mengelompokkan jenisnya. Jadi kalau kita menemukan lovebird dengan jenis dimorfik, lihat saja kondisi fisiknya secara sekilas. Kalau jenis intermediat, perhatikan dengan sangat jeli. Sedangkan untuk golongan kaca mata harus sangat jeli pada tahap lanjutan di bawah ini.

Pada tahap lanjutan ini, terdapat ciri-ciri yang cukup akurat untuk melihat perbedaan lovebird jantan dan betina. Sehingga kita bisa memperoleh kesimpulan tentang jenis kelamin si lovebird tersebut.

20 Perbedaan Lovebird Jantan Dan Betina Berdasarkan Ciri-Ciri Tertentu

Ciri-ciri tertentu di bawah ini sangat ampuh untuk melihat jenis kelamin lovebird jenis kacamata. Artinya cukup ampuh untuk membedakan lovebird jantan dan betina yang sulit sekali pun. Sehingga untuk lovebird intermediate dan dimorfik bahkan jauh lebih mudah dengan ciri-ciri berikut ini.

Bentuk Paruh Lovebird

  1. Bentuk paruh lovebird jantan lebih lancip, runcing, dan agak mancung. Biasanya ukuran paruhnya juga kecil. Jika dipegang cenderung terasa kering.
  2. Bentuk paruh lovebird betina lebih tumpul, tidak lancip, dan cenderung melebar. Biasanya ukuran paruhnya agak besar. Jika dipegang agak basah.

Bentuk Fisik Lovebird

  1. Bentuk fisik lovebird jantan lebih kecil dari bentuk tubuh si betina. Ciri lain terletak pada kepalanya, untuk jantan nya memiliki kepala yang rata atau papak. Jika si jantan diangkat terasa ringan dan tak berisi.
  2. Bentuk fisik lovebird betina lebih besar dari bentuk tubuh jantan nya. Ciri-ciri lain juga terletak pada kepalanya, yakni cenderung memiliki kepala yang cekung atau lengkung. Jika si betina diangkat cenderung berisi dan berbobot.

Bentuk Ekor Lovebird

  1. Bentuk ekor dari lovebird jantan lebih mirip ke arah bentuk huruf V. Artinya bentuk ekor jantan cenderung lancip.
  2. Bentuk ekor dari lovebird betina lebih ke bentuk yang rata bagian bawahnya. Sehingga bentuk ekor betina cenderung terlihat besar dan melebar.

Bentuk Sayap Lovebird

  1. Bentuk sayap dari lovebird jantan jika diam biasanya menyilang.
  2. Bentuk sayap dari lovebird betina jika diam biasanya tidak menyilang atau sejajar.

Posisi Bertengger Lovebird

  1. Lovebird jantan menunjukkan posisi bertengger yang cenderung merapatkan kakinya. Jadi jarak antara dua kakinya dekat.
  2. Lovebird betina menunjukkan posisi bertengger yang lebih cenderung melebarkan kakinya. Sehingga jarak antara dua kakinya terlihat jauh.

Bentuk Tulang Pubis (Supit Urang) Lovebird

  1. Lovebird jantan jika diraba tulang pubisnya, maka akan terasa agak keras dan jaraknya sempit. Kira-kira kurang dari satu ukuran jari tangan manusia.
  2. Lovebird betina jika diraba tulang pubisnya, maka akan terasa agak lembek atau elastis dan jaraknya sedikit lebar. Ya kira-kira sedikit lebih dari satu ukuran jari tangan manusia.

Cara Lovebird Membangun Sarang

  1. Lovebird jantan terlihat malas membuat sarang. Umumnya sang jantan akan mengumpulkan kulit kayu dan menyerahkanya pada sang betina. Jadi jantannya tidak ikut menyusun sarang.
  2. Lovebird betina terlihat sangat aktif membuat sarang. Jadi sang betina akan mengumpulkan kulit kayu dan juga menyusun sarang dari awal sampai jadi.

Birahi Lovebird Saat Akan Kawin

  1. Lovebird jantan sangat aktif. Umumnya sang jantan akan mondar-mandir, manggut-manggut, dan bersuara (tek-tek atau cit-cit). Selain itu, lovebird jantan juga terkadang meloloh betina nya, menggesek-gesek tangkringan, melompati betina bahkan naik keatas betina nya.
  2. Lovebird betina cenderung pasif. Umumnya sang betina hanya merunduk dan membuka sayanya lebar-lebar (ngleper). Selain itu, lovebird betina juga terkadang menggigit benda-benda disekitarnya.

Ngekek Lovebird (Jika Sudah Ngekek)

  1. Lovebird jantan biasanya memiliki pergerakan sangat aktif, gesit, dan agresif. Namun untuk urusan ngekek, si jantan cenderung memiliki ngekek yang lebih pendek dan singkat.
  2. Lovebird betina biasanya memiliki pergerakan cenderung lebih malas, pasif, tidak gesit, dan kurang agresif. Namun untuk urusan ngekek nya, si betina memiliki kecenderungan ngekek yang lebih panjang dan sedikit lebih lama.

Metode Cincin Emas atau Jarum

  1. Lovebird jantan dipegang dengan tangan kiri dengan posisi memegang sampai dadanya saja. Letakkan cincin emas atau jarum yang sudah diikat di benang kira-kira 3-5 cm diatas kepala lovebird. Apabila cincin emas atau jarum maju mundur, maka lovebird tersebut jantan.
  2. Lovebird betina dipegang dengan tangan kiri sampai bagian dada. Letakkan cincin emas atau jarum yang sudah diikat dengan benang kira-kira jarak 3-5 cm diatas kepala lovebird. Apabila cincin emas atau jarum memutar, maka lovebird tersebut berjenis kelamin betina.

Metode Tes DNA (Tambahan)

  • Metode ini sangat akurat dalam melihat jenis kelamin lovebird. Bahkan keakuratannya mencapai 99%. Namun kekurangan dari metode ini adalah pada segi biaya dan waktu. Biaya untuk tes DNA lovebird sangatlah mahal. Prosesnya juga memakan waktu yang tidak sebentar. Oleh karena itu, Tes DNA hanya diperuntukkan bagi kicau mania yang memiliki kocek sangat dalam saja.

Beberapa cara di atas sebenarnya bergantung pada seberapa jeli kita dalam memperhatikanya. Sehingga perbedaan lovebird jantan dan betina bisa teramati secara teliti. Bagi seorang yang malang-melintang di dunia hobi kicau, tentu tidaklah sulit. Namun bagi kamu yang baru memulainya, sebaiknya kamu juga bertanya pada yang sudah berpengalaman juga. Sebab beberapa ciri unik mungkin dimiliki oleh lovebird mu.  Jadi kamu bisa meminta saran pada ahlinya soal perbedaan lovebird jantan dan betina. Apalagi jika tujuanmu untuk beternak lovebird.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *