Perbedaan Lovebird Pastel Kuning dan Lutino Berdasarkan 6 Indikator

Perbedaan Lovebird Pastel Kuning dan Lutino – Siapa sih yang nggak kenal dengan burung lovebird? Burung mungil nan cantik ini memang banyak menarik perhatian orang-orang termasuk juga kicau mania. Selain itu saat kita bicara masalah lovebird, pastinya kita juga akan teringat dengan suara ngekekannya yang sangat khas.

Tetapi dibanding ngekekannya, daya tarik terkuat dari lovebird sebenarnya terletak pada warna indah dari tubuhnya. Seperti yang kita tahu, lovebird memang dikenal memiliki variasi warna yang cukup beragam. Bahkan tak jarang perpaduan warnanya terlihat sangat cantik dan serasi.

Sekarang ini ada beberapa jenis lovebird yang sedang digandrungi penghobi burung. Beberapa diantaranya adalah lovebird jenis Pastel Kuning dan Lutino. Diantara masing-masing jenis sama-sama menawan dan indah dipandang. Bahkan banyak orang menyangka bahwa keduanya adalah jenis yang sama, padahal beda.

Sebenarnya hal tersebut tidak mengherankan, mengingat saking miripnya kedua jenis tersebut secara tampilan fisik. Jika kita jeli, sebenarnya ada beberapa perbedaan fisik yang mendasar dari lovebird pastel kuning dan lutino.

Bagi kamu yang belum begitu tahu apa perbedaan Lovebird Pastel Kuning dan Lutino, di sini kamu bisa belajar mengenalinya. Harapannya setelah kamu tahu perbedaan Lovebird Pastel Kuning dan Lutino, kamu tidak akan tertipu saat membeli salah satu atau keduanya.

Perbedaan Lovebird Pastel Kuning dan Lutino yang Wajib Kamu Tahu

Bagi yang masih pemula mungkin akan sedikit bingung untuk membedakan jenis-jenis burung Lovebird secara umum. Hal ini wajar saja, sebab variasi warna dari burung ini memang sangatlah banyak, sedangkan bentuk fisik tubuhnya sangat identik.

Namun kamu tidak perlu bingung. Sebab jika kita amati dengan seksama ternyata ada beberapa perbedaan yang mendasar dari masing-masing jenisnya. Contohnya saja pada Lovebird Pastel Kuning dengan Lutino.

Jika kita perhatikan, keduanya sekilas terlihat sama tapi berbeda. Perbedaan tersebut akan terlihat jelas pada ciri fisik diantara keduanya. Lantas apa perbedaannya? Mari kita bahas langsung beberapa poin perbedaan lovebird pastel kuning dan lutino di bawah ini.

1. Warna Bulu yang Berada di Tubuhnya

Banyaknya ragam warna lovebird, tentu akan sedikit memusingkan, bukan? Tapi tahukah kamu, bahwa warna bulu bisa kita gunakan untuk menentukan jenis dari burung lovebird tersebut.

Berdasarkan warna bulu kita bisaa membedakan jenis-jenis lovebird yang berbeda warna mauun yang warnanya sangat identik. Sebab ada beberapa detail warna yang bisa kita gunakan sebagai pembeda. Begitu juga dengan perbedaan Lovebird pastel kuning dan Lutino yang ingin kita identifikasi.

Berikut adalah perbedaan warna dari lovebird pastel kuning dan lovebird lutino yang bisa kamu jadikan patokan.

Lovebird Lutino

  • Lovebird jenis ini memang dikenal memiliki ciri yang khas, terutama terlihat pada warnanya. Seluruh warna bulu dari lovebird Lutino adalah kuning dan cukup banyak warna oranye.
  • Bahkan beberapa ada yang separuh badan ke bawah kuning dan separuh ke atas oranye. Sehingga hanya sekilas dengan melihatnya saja kita bisa tahu bahwa lovebird yang ada di depan kita termasuk ke jenis Lutino.
  • Pada lovebird Lutino tidak terdapat warna kehijauan seperti lovebird Pastel Kuning.
  • Lovebird lutino memiliki tekstur warna kuning yang terlihat tegas sehingga garis-garis bulunya terlihat jelas.

Lovebird Pastel Kuning

  • Lovebird pastel kuning atau paskun sebenarnya bisa dibedakan menjadi 2, yaitu pastel kuning kotor dan pastel kuning bersih. Perbedaan diantara kedua lovebird pastel kuning ini terletak pada kecerahan warna bulunya.
  • Pastel kuning bersih memiliki warna bulu kuning cerah. Sedangkan pastel kuning kotor warna bulunya terlihat agak kusam. Namun pada dasarnya, kedua pastel kuning ini didominasi oleh warna kuning dibanding warna oranye yang agak lebih sedikit.
  • Lovebird paskun atau pastel kuning biasanya terdapat kombinasi warna hijau semu pada bagian bulunya. Warna hijau semu tersebut bisa dilihat pada bagian sayap dan juga dadanya.
  • Lovebird pastel kuning memiliki tekstur warna kuning yang lembut dan seolah tidak terlihat.

Memang secara fakta tidak mudah untuk membedakan ciri diantara keduanya. Oleh sebab itu dibutuhkan kepekaan khusus untuk bisa membandingkan kedua jenis tersebut. Khususnya dari segi warna bulu dari kedua lovebird ini.

2. Warna Mata dari Kedua Lovebird Tersebut

Rasanya memang tidak cukup jika membedakan kedua lovebird tersebut hanya dengan melihat warna bulunya saja. Ada perbedaan lain yang sangat jelas terlihat dan bisa kamu jadikan patokan paten. Salah satu ciri yang berbeda tersebut ada di warna matanya.

Lovebird Lutino

  • Sedangkan warna mata lovebird lutino cenderung kemerah-merahan. Oleh sebab itulah tidak heran jika kebanyakan orang menyebutnya dengan julukan lovebird lutino mata merah.

Lovebird Pastel Kuning

  • Warna khas dari mata lovebird pastel kuning adalah hitam pekat.

Perbedaan warna mata ini sangat mencolok, bahkan sudah bisa terlihat saat lovebird tersebut masih berupa anakan. Sehingga kita tak perlu khawatir akan sulit dalam membedakannya.

Bahkan warna mata ini akan semakin jelas saat lovebird beranjak dewasa. Warna hitam pada mata paskun akan semakin pekat, sedangkan warna merah pada lovebird lutino akan semakin terlihat jelas.

Jadi bagi kamu yang ingin membeli lovebird harus lebih jeli lagi. Jangan sampai kamu salah dalam membedakannya. Perhatikan dengan seksama apa-apa yang menjadi perbedaan diantara keduanya termasuk warna bola matanya.

Sebab jika salah pilih, nanti dampaknya keppada harganya. Seperti yang kita semua tahu, perbedaan harga dari kedua jenis lovebird ini sangat terpaut jauh. Sehingga kamu harus ekstra teliti dan hati-hati.

3. Warna Kaki Lovebird Paskun dan Lutino

Memang sih rata-rata perbedaan antara satu jenis lovebird dengan jenis lain terletak pada sisi warnanya. Selain warna bulunya, kamu bisa melihat juga warna kakinya. Jika dibandingkan lovebird lainnya, lutino memang memiliki warna kaki yang berbeda.

Lovebird Lutino

  • Warna kaki lovebird lutino cenderung putih dan sekilas hampir mirip dengan albino. Tetapi beberapa putihnya agak sedikit putih kemerah-merahan.

Lovebird Pastel Kuning

  • Sedangkan untuk paskun cenderung hampir sama dengan warna kaki pada lovebird jenis lainnya yakni abu-abu kehitaman.

Nah, dengan melihat warna kaki dari masing-masing jenis lovebird maka kita bisa dengan mudah membedakan keduanya. Cara ini dinilai cukup efektif dan banyak digunakan oleh penghobi lovebird untuk membedakan lutino dan paskun.

4. Warna Ekor Paskun dan Lutino

Poin selanjutnya dari perbedaan lovebird pastel kuning dan lutino adalah bagian ekornya. Warna ada pangkal ekor bisa kamu jadikan parameter dalam membedakan kedua jenis lovebird ini. Coba tengok warna pangkal ekor mereka, asti sangat berbeda warnanya.

Lovebird Lutino

  • Apabila kita perhatikan dengan seksama, lovebird lutino memiliki warna kemerah-merahan pada bagian pangkal ekornya.

Lovebird Pastel Kuning

  • Sedangkan jika kita mengamati lovebird paskun, maka akan kita jumpai warna keungu-unguanan di bagian pangkal ekornya.

Cara yang satu ini bisa kamu gunakan untuk mengecek ciri fisik kedua jenis lovebird ini. Tujuannya tidak lain dan tidak bukan hanya untuk memastikan ulang saja. Siapa tahu sewaktu kamu melihat ciri yang lain belum begitu jelas.

Menurut para expert, cara ini termasuk salah satu patokan wajib yang harus dilihat saat mencari perbedaan lovebird pastel kuning dan lutino. Baik untuk pemula maupun untuk expert yang sudah jago sekalipun.

5. Warna Kepala Sampai Leher Lovebird

Jika kita tidak jeli melihat postur kepalanya, memang sekilas seerti tidak ada perbedaan antara lovebird paskun dengan lovebird lutino. Namun perbedaan itu datang dari warna yang ada diantara bagian kepala sampai leher.

Lovebird Lutino

  • Warna yang tampak menghiasi leher lutino berwarna merah keemasan. Selain itu terdapat juga garis perpaduan seperti kalung yang kemerahan.

Lovebird Pastel Kuning

  • Sedangkan untuk lovebird pastel kuning cenderung berwarna kuning cerah. Biasanya disertai dengan perpaduan gradasi warna merah kekuningan yang nampak serasi. Jadi bisa dibilang bahwa warna merah paskun tidak setegas lutino.

Apabila sewaktu kamu memperhatikan dari balik kandang kurang jelas, kamu bisa memegangnya. Biasanya perbedaan seperti ini akan sangat terlihat setelah kamu pegang dan kamu amati dari jarak dekat.

6. Harga Lovebird Pastel Kuning dan Lovebird Lutino

Selain melihat secara fisik, kamu juga bisa membedakan lovebird paskun dan lutino dari segi harganya. Seperti yang sudah kita ketahui bersama, harga dari Lovebird Lutino jauh lebih mahal dibandingkan dengan harga pastel kuning. Sehingga kamu harus lebih cermat sebelum membelinya.

Jangan sampai kamu terkecoh dan tertipu oleh ulah penjual nakal yang bermaksud mencari keuntungan besar. Lovebird pastel kuning dijual dengan harga lutino. Jadi kamu harus ekstra hati-hati ya.

Lovebird Lutino

  • Harga lovebird lutino untuk anakannya dihargai Rp. 550.000,-an
  • Sedangkan yang sudah beranjak dewasa bisa dijual hingga harga Rp. 800.000,-an.

Lovebird Pastel Kuning

  • Harga lovebird paskun yang anakan memiliki taksiran harga sekitar Rp. 270.000,-an
  • Sedangkan untuk yang dewasa biasanya dibanderol dengan harga Rp. 400.000,-an.

Dengan selisih harga yang lumayan banyak tersebut, tentu membuat kita harus lebih berhati-hati dalam memilih. Jangan sampai kita mau membeli jenis lutino, tapi malah mendapatkan yang paskun. Tentu kam sudah dirugikan, bukan?

Nah, itulah tadi beberapa perbedaan lovebird pastel kuning dan lutino yang sebaiknya kamu ketahui. Sehingga kamu jadi bisa dan terbiasa membedakan diantara keduanya. Supaya saat membeli nanti kamu tidak salah pilih. Semoga penjelasan diatas bisa bermanfaat dan dijadikan sebagai sumber referensi yang berguna.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *